Untuk Sementara, Begini Klarifikasi OJK Mengenai ODNP

ojk_otoritas_jasa_keuangan
Seperti yang telah kita tahu, beberapa waktu yang lalu, OJK merilis daftar usaha/penawaran investasi yang patut diwaspadai.

Pada rilis OJK tersebut, terdapat usaha/penawaran investasi atas nama ODNP (no.101) dengan jenis usaha investasi emas. Atas hal tersebut, ODNV merasa perlu melakukan klarifikasi langsung ke OJK; menanyakan apakah ODNP yang dimaksud adalah ODNV.

Berikut ini email resmi klarifikasi ODNV ke OJK yang dikirimkan oleh Adhika Dirgantara, selaku penanggung jawab ODNV ke pihak OJK; Anto Prabowo, selaku Direktur Pengembangan Kebijakan Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan dan Luthfy Zain Fuady, selaku Direktur Penyidikan Otoritas Jasa Keuangan. Imel juga di-cc ke layanan konsumen OJK.

Dear pak Anton dan pak Lutfi,

Perkenalkan saya Adhika Dirgantara, penanggung jawab ODNV (http://odnv.co.id).
Saya baru saja membaca secara detil 2 info pada tautan ini:
http://www.ojk.go.id/siaran-pers-ojk-terima-laporan-mengenai-ratusan-perusahaan-yang-diduga-investasi-ilegal
http://www.ojk.go.id/daftar-perusahaan-yang-tak-mendapatkan-izin-oleh-ojk
Yang kelihatannya masih saling terkait.

Pada daftar 262 perusahaan yang dimuat pada tabel LAPORAN MASYARAKAT MENGENAI PERUSAHAAN YANG KELEMBAGAAN
DAN ATAU PRODUK YANG DITAWARKAN BUKAN KEWENANGAN OJK, daftar nomor 101 terdapat nama ODNP dengan jenis usaha Investasi Emas.

Yang kami mohon klarifikasinya:
Apakah ODNP yang dimaksud pada nomor 101 tersebut adalah kami ODNV?
Jika memang ya, apakah bisa diinformasikan secara lebih jelas dan detil kenapa kami ODNV masuk dalam daftar tersebut?
Jika memang ya, mohon masukan apa yang mesti kami lakukan untuk memperbaiki situasi ini?
Mohon klarifikasi dan pencerahannya agar kami bisa memberikan penjelasan kepada customer dan pihak-pihak yang terkait dengan ODNV.

Terima kasih sebelumnya.

Salam,
Adhika

Untuk email yang ditujukan ke Anto Prabowo (antop212@ojk.go.id) mendapat status “Recipient Not Found”, padahal email inilah yang tercantum pada siaran pers OJK mengenai daftar investasi yang patut diwaspadai.

Email tersebut sampai artikel ini kami publikasikan, belum mendapat respon dari OJK.

Selain melalui email, ODNV juga melakukan klarifikasi melalui sambungan telepon Layanan Konsumen OJK di 021 – 500 655 dan diterima oleh mbak Wenny.

Beberapa hal yang bisa dijelaskan oleh mbak Wenny adalah sebagai berikut:

  1. Bahwa yang masuk dalam rilis OJK tersebut, tidak serta merta menunjukkan usaha/penawaran investasi yang ilegal. Namun ada juga usaha/penawaran investasi yang masuk daftar rilis OJK tersebut karena ada penyampaian informasi dari masyarakat dan dalam rilis tersebut, OJK menuliskan sebagai usaha/penawaran investasi yang izin operasinya di luar kewenangan OJK.
  2. Jika dibaca dengan teliti siaran persnya, maka hal di atas sudah jelas di paparkan. Namun berita di media memang terlalu bombastis, dari sisi judul maupun penggiringan opininya.
  3. Mbak Wenny berjanji untuk membantu follow up ke internal OJK; memberikan respon tertulis, menanggapi email yang sudah dikirimkan oleh odnv, khususnya terkait pertanyaan apakah yang dimaksud dengan ODNP pada nomor 101 adalah benar ODNV atau yang lain.

Untuk sementara, begini respon dan klarifikasi OJK mengenai ODNP. Kami tengah menunggu respon tertulis dari OJK agar bisa lebih meyakinkan kita semua.

Kami akan kembali melakukan update dan menginformasikannya melalui web terhadap perkembangan mengenai hal ini. Anda bisa pantau perkembangannya melalui tag #ODNVbukanODNP.

Selamat melanjutkan aktivitas dan salam jumat barokah! 🙂

place your ads here

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)