Tips Mengenai Safe Deposit Box (SDB)

Salah satu cara aman menyimpan emas adalah dengan menyimpannya di safe deposit box (sdb) yang banyak ditawarkan oleh bank-bank besar.

Namun apakah menyimpan emas di SDB benar-benar aman dari resiko? Tentu saja tidak. Apakah bisa terjadi pencurian di SDB? Bisa saja. Apakah isi SDB diasuransikan? Sebagian besar tidak.

Kok bisa terjadi pencurian di SDB? Ya bisa saja. Logika sederhananya begini, seorang penyewa menggandakan kunci SDB yang dia pegang, kemudian mengembalikan SDB tersebut ke bank, selanjutnya SDB tersebut diisi kembali oleh orang lain, maka memungkinkan bagi pengganda kunci tadi untuk menerobos ke SDB lamanya.

Pembobolan SDB tetap memungkinkan terjadi, namun tentu tidak semudah paragraf kami di atas.

Lalu kenapa isi SDB tidak diasuransikan oleh bank? Isi SDB yang sifatnya pribadi dan rahasia tentu saja menyulitkan bank untuk melakukan penaksiran berapa nilai yang mesti diasuransikan.

Menyimpan barang berharga di SDB termasuk cara paling aman, seperti halnya kita menyimpan uang di bank. Namun tetap saja terdapat kemungkinan kebobolan, seperti halnya pembobolan dana di bank yang marak diberitakan.

Untuk lebih meminimalisasi resiko yang mungkin timbul dengan SDB yang kita sewa, ada baiknya kita:

Membaca dengan seksama syarat dan ketentuan yang berlaku terhadap SDB yang kita sewa. Hal ini untuk mempersiapkan mental jikalau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Mengamati kunci yang diberikan, jika memungkinkan mintalah kunci SDB yang (nampak) baru untuk lebih meminimalisasi resiko kemungkinan kunci telah mengalami penggandaan.

Jika memungkinkan lagi, pilihlah SDB pada posisi tengah, sejajar dengan badan kita. Hal ini selain memudahkan kita menggapainya, tidak perlu jongkok ataupun jinjit/menggunakan tangga, juga untuk meminimalisasi resiko semisal terjadi bencana kebakaran.

Biasanya api muncul dari pinggir kanan/kiri ataupun dari bawah, dengan posisi SDB kita yang di tengah, mudah-mudahan bisa agak lebih selamat, meskipun bencana tetap saja tidak mampu kita perkirakan.

Selamat memilih safe deposit box! 🙂

*gambar didapat dari Google Images

jual cepat emas antam

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)