Tips Mengelola Keuangan Keluarga Berikut Ini Penting Untuk Diperhatikan bagi Anda Yang Bingung Mengatur Keuangan Setelah Menikah

Memulai hidup baru setelah menikah pastinya penuh dengan tantangan, salah satunya adalah tantangan mengatur keuangan keluarga. Apalagi masalah keuangan dalam keluarga sering kali menjadi penyebab perselisihan.

Jika Anda dan pasangan cerdas dalam merencanakan keuangan, hal ini pastinya tidak akan menjadi sulit.

Lantas, bagaimana cara cerdas dalam mengelola keuangan keluarga?

1. Buatlah Perencanaan Keuangan

Membuat rencana keuangan harus dipikirkan dengan matang, terutama mengenai masalah pengeluaran. Hitung pendapatan Anda dengan pasangan, lalu kelompokkan ke dalam pos-pos kebutuhan hidup, seperti untuk kebutuhan rumah tangga, tagihan listrik, cicilan kendaraan dan lain-lain.

Buat juga kesepakatan dengan pasangan, misalnya membagi tugas siapa yang bertanggung jawab dengan kebutuhan rumah tangga dan membayar tagihan. Usahakan rencana keuangan yang Anda buat realistis dan sesuai dengan kebutuhan.

2. Utamakan Kepentingan Keluarga

Wanita biasanya sangat gemar belanja pakaian atau make-up, sementara laki-laki biasanya lebih suka menggunakan uangnya untuk kebutuhan hobi. Namun, saat menikah keduanya harus rela mengesampingkan kegemaran mereka demi kepentingan bersama.

Pasangan yang sudah menikah memiliki tanggung jawab yang lebih besar, terlebih lagi jika pasangan tersebut berencana untuk segera memiliki momongan yang juga harus segera direncanakan kebutuhan masa depannya.

Untuk itu, sangat bijak bagi pasangan suami istri untuk lebih mengutamakan kebutuhan keluarga.

3. Tetap Sisihkan Uang untuk Ditabung

Memiliki dana cadangan dalam keluarga dapat menjadi penolong dalam kondisi genting. Usahakan agar setiap bulannya Anda dan pasangan menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung di dalam rekening khusus. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika dihadapkan dengan situasi mendesak yang mengharuskan Anda mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu.

Tapi pastikan Anda rutin dan konsisten dalam menabung demi kepentingan keluarga.

4. Jangan Takut Berinvestasi

Investasi bisa menjadi cara lain untuk menyiapkan masa depan Anda dan keluarga. Pilihlah objek investasi yang stabil, menguntungkan, dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Pastikan Anda juga mengawasi laju investasinya agar tidak kecolongan, yang bisa saja membawa Anda pada kerugian.

Semakin banyak investasi Anda, akan semakin aman pula masa depan keuangan keluarga.

5. Saling Terbuka dengan Pasangan

Saat menikah, Anda dituntut untuk selalu terbuka dengan pasangan, tidak terkecuali mengenai masalah keuangan. Usahakan agar tidak menyimpan rahasia terhadap pasangan mengenai pemasukan dan pengeluaran Anda.

Jika Anda terpaksa menggunakan anggaran rumah tangga untuk keperluan tertentu, pastikan pasangan Anda mengetahuinya, sehingga tidak timbul rasa curiga.

Bersikap saling terbuka dalam menggunakan uang dalam keluarga dapat meminimalisasi timbulnya konflik keuangan yang sering kali berkembang menjadi masalah rumah tangga.

Meskipun sepertinya lebih sulit daripada mengelola keuangan pribadi, tapi tips mengelola keuangan keluarga ternyata cukup sederhana bukan? Kuncinya adalah cermat, hemat, dan terbuka dengan pasangan.

Selamat mencoba!

place your ads here

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)