Tips Menabung Paling Mudah yang Harus Anda Terapkan dari Sekarang

savings

Sejak kecil kita mungkin sudah akrab dengan kebiasaan menabung. Saat masih kanak-kanak, menabung biasanya didasari oleh keinginan untuk membeli mainan atau buku baru.

Ketika beranjak dewasa, alasan untuk menabung pun beragam, mulai dari menyiapkan anggaran untuk menikah, membangun rumah, membayar cicilan kendaraan, dan lain-lain.

Namun, tampaknya tidak semua orang sanggup untuk konsisten dalam menyisihkan uangnya untuk ditabung, apalagi jika kita mampir di mall. Tidak mungkin rasanya jika kita mengabaikan rayuan maut display diskon yang melambai-lambai di depan mata.

Lantas apa yang harus kita lakukan agar bisa menabung? Berikut beberapa tips menabung yang bisa Anda coba dari sekarang.

1. Sisihkan Pecahan Uang Tertentu untuk Ditabung

Tips menabung yang sedang populer belakangan ini adalah menyisihkan pecahan Rp20.000,00 untuk ditabung.

Caranya, setiap kali Anda melihat uang Rp20.000,00 dalam dompet atau saku, simpanlah di tempat khusus seperti botol bekas air mineral, atau kotak pensil.

Usahakan agar Anda fokus pada pecahan tersebut saja supaya nanti tidak kesulitan untuk menghitung jumlahnya. Jumlah pecahan yang boleh Anda tabung tidak hanya yang dua puluh ribuan saja. Pecahan lima ribuan, sepuluh ribuan, atau bahkan dua ribuan pun boleh saja Anda terapkan asalkan tetap konsisten dan tidak tergiur untuk memakainya.

2. Catat Pengeluaran Harian

Mencatat pengeluaran harian dapat membantu Anda memperkirakan uang yang harus disiapkan setiap Anda hendak pergi kuliah atau bekerja.

Hitunglah berapa biaya rata-rata untuk makan, membeli camilan, membayar fotokopi, dan sebagainya. Perkirakan juga pengeluaran tak terduga lainnya, seperti iuran.

Jika Anda masih memiliki sisa dari uang saku harian tersebut, Anda bisa menyisihkannya untuk dimasukan ke dalam tabungan atau celengan.

3. Beli Barang yang Dibutuhkan Saja

Tidak jarang kita tergiur untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan karena terpengaruh tren yang sedang berkembang.

Sebelum Anda terjatuh ke dalam lubang penyesalan karena telanjur membeli barang-barang yang tidak diperlukan, ada baiknya Anda pikirkan matang-matang mengenai kegunaan barang tersebut untuk jangka waktu panjang.

Pertanyakan kembali juga alasan awal Anda ketika tergiur untuk membeli sebuah barang. Apakah karena tren semata-mata, atau untuk pamer, atau karena tidak mau kalah dengan teman, atau semata-mata karena bentuk dan modelnya yang lucu saja?

Jika hal-hal tersebut muncul di dalam pikiran Anda saat pertama kali melihat barang tersebut, sebaiknya singkirkan keinginan untuk membelinya dan bayangkanlah hasil yang akan Anda dapatkan dari tabungan Anda.

4. Kuatkan Motivasi untuk Menabung

Anak-anak muda biasanya adalah yang paling sering kewalahan dalam memelihara komitmen untuk menabung. Banyaknya godaan untuk bersenang-senang dengan teman dan membeli gadget atau pakaian, sering menjadi faktor gagalnya komitmen hidup hemat.

Memiliki motivasi kuat untuk menabung merupakan kunci keberhasilan kita dalam mengatur keuangan. Motivasi tersebut bisa datang dari mana saja, seperti keinginan membeli mobil, gadget baru, membawa orang tua berwisata ke luar negeri, atau menyunting gadis idaman, biasanya bisa jadi motivasi terkuat untuk menabung.

Pampang gambar mobil yang Anda inginkan atau foto orang terkasih di dinding kamar Anda agar tekad untuk menabung semakin kuat.

Itulah tadi tips-tips menabung yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ayo bulatkan tekad untuk disiplin menabung mulai dari sekarang!

place your ads here

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)