Surat Edaran BI Mengenai Gadai Emas

Akhir Februari 2012 kemarin, BI resmi mengeluarkan surat edaran terbaru mengenai gadai emas bagi perbankan syariah. Dokumen resminya bisa Anda unduh di sini.

Akhir tahun 2011 lalu ketika harga emas mengalami penurunan yang cukup signifikan dibanding harga emas di bulan-bulan sebelumnya, BI mulai mengeluarkan warning bagi praktek gadai emas di perbankan syariah.

Warning BI ini kemudian disambut oleh perbankan syariah dengan mensuspend layanan gadai emas, tidak lagi menerima nasabah baru sampai ada kejelasan aturan baru mengenai gadai emas dari BI.

Surat edaran BI yang akhirnya terbit akhir Februari 2012 kemarin menjadi lampu yang menyala bagi praktek gadai emas di perbankan syariah.

Menjadi lampu menyala karena surat edaran ini membuat praktik gadai emas di perbankan syariah kembali kepada ‘khittahnya’, yakni untuk mendayagunakan emas mendukung keperluan usaha ataupun kebutuhan mendesak lainnya.

Dan bukan untuk berspekulasi dengan harga emas melalui praktik gadai emas berulang-ulang yang populer dikenal dengan metoda kebun emas (diendorse oleh BRI Syariah) ataupun metoda angsa emas (diendorse oleh BSM).

Saya sendiri (dan kita di OutletDinar), jarang sekali bahkan mungkin tidak pernah membahas dan atau menganjurkan untuk berkebun emas ataupun berangsa emas.

Karena meskipun bisa berhasil, namun bukan praktik seperti tersebut yang ingin kita tumbuhkembangkan, ada cara-cara lain untuk memaksimalkan investasi emas kita.

Bagi Anda yang sudah terlanjur masuk terlalu dalam, jika merujuk pada surat edaran tersebut, tersedia waktu 12 bulan untuk mulai exit secara bertahap. Bisa jadi akan menyakitkan, namun semoga bisa menjadi obat.

Bagi Anda yang belum masuk, mari kita berdayagunakan investasi emas kita pada aktifitas yang lebih produktif. Kita bisa memanfaatkan gadai emas untuk permodalan rintisan usaha ataupun ikut menanam modal pada usaha orang lain. Yang terpenting resikonya bisa kita kelola. Wallahu’alam.

by Adhika Dirgantara – follow @dirgaa

*photo credited to Ben

One Response

  1. Hartono 3 years ago

Add Comment