“Saya Mahasiswa Tingkat Awal, Investasi Apa Yang Cocok Untuk Saya?”

mahasiswa_awal

“Saya mahasiswa tingkat awal, investasi apa yang cocok untuk saya?”, ini salah satu pertanyaan yang masuk melalui imel ke saya. Agar bisa lebih bermanfaat untuk orang banyak, khususnya bagi Anda yang masih mahasiswa, saya coba tuliskan pendapat saya mengenai investasi yang cocok untuk mahasiswa tingkat awal melalui artikel ini.

Asumsi saya, mahasiswa tingkat awal kebanyakan masih 100% dibiayai oleh orang tua; biaya kuliah dan uang belanja bulanannya.

Poin pertama yang ingin saya sampaikan, jika Anda serius dengan belajar Financial Freedom, maka abaikan sementara target yang terlalu jauh, cukup targetkan untuk bisa membiayai sendiri kuliah Anda selambatnya pada tingkat ketiga kuliah. Mampu membiayai kuliah secara mandiri 100% itu luar biasa, bisa 50% itu juga sudah bagus.

Untuk bisa mencapai target membiayai kuliah secara mandiri, maka tidak ada investasi yang cocok untuk bisa mendukung target Anda, salah satu jalan yang bisa Anda tempuh adalah entrepreneurship atau freelancing.

Poin kedua yang ingin saya sampaikan, abaikan untuk sementara instrumen investasi (reksadana, emas, deposito, properti, dll). Fokuskan diri Anda untuk memperoleh penghasilan mandiri melalui bisnis yang Anda lakukan atau menjadi pekerja paruh waktu.

Untuk menjadi pekerja paruh waktu, Anda bisa coba mengajukan diri ke perusahaan lokal disekitar kota Anda. Cara yang lebih keren adalah menjadi pekerja paruh waktu secara online melalui marketplace freelancing. Silahkan googling untuk cari lebih lanjut. Be resourceful.

Untuk mencoba menjalankan bisnis, Anda bisa berpartner dengan kawan Anda untuk menghimpun sumber daya: modal, ide, eksekusi, dll. Jangan takut bangkrut dan kemudian rugi. Anda harus lebih khawatir akan usaha Anda bertumbuh melesat sehingga membuat kuliah Anda keteteran.

Misi utama mahasiswa adalah menyelesaikan kuliah secepatnya dengan hasil yang gemilang.

Poin ketiga yang ingin saya sampaikan, manfaatkan waktu muda Anda untuk mengeksplorasi dan menimba banyak pengalaman, khususnya dalam hal entrepreneurship atau freelancing. Baik jika usaha yang Anda geluti atau kerja paruh waktu yang Anda lakukan punya kaitan langsung dengan materi kuliah yang tengah Anda ampu. Kalaupun tidak, juga tidak masalah.

Abaikan konsep menyisihkan uang untuk berinvestasi di instrumen investasi dimana Anda tidak terlibat langsung di dalamnya. Gunakan dana yang Anda sisihkan untuk memperoleh berbagai pengalaman praktek langsung mengelola usaha yang bisa menghasilkan uang lebih banyak ataupun menggeluti dunia freelancing.

Jadi, apa instrumen investasi yang cocok untuk mahasiswa tingkat awal? Pendapat saya tidak ada. Lebih baik dana yang ada digunakan untuk langsung praktek mengelola usaha.

Semoga berhasil!

place your ads here

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)