Satu Rahasia (yang sangat) Sederhana Untuk Menjadi Kaya

do_more_business

Artikel kali ini adalah tulisan Tony Robbins yang dikutip dari buku terbarunya MONEY Master the Game: 7 Simple Steps to Financial Freedom yang saya coba sadurkan untuk Anda.

Tony membahas tentang bagaimana untuk cara sederhana untuk menjadi kaya dengan memahami substansi mindset mengenai uang. Menarik.

“Money is a good servant but a bad master.” – Sir Francis Bacon

Banyak dari kita enggan apbila membahas masalah uang (kekayaan). Seperti halnya agama, seks atau bahkan politik. Bahasan tentang uang menjadi topik yang “haram” di bahas di meja makan, dan bahkan tidak sopan untuk di bahas di tempat kerja.

Kita mungkin sering membahas tentang kekayaan yang kita miliki dengan rekan kerja, tapi itu menjadi bahasan yang sangat pribadi dan sensitif. Sebisa mungkin kita (merasa harus) menghindari bahasan tentang kekayaan, karena kekayaan akan menjadikan “kesombongan” bagi siapa saja yang memilkinya dan menjadikan “minder” bagi siapa yang tidak memilikinya. 😉

Tapi seberapa pentingkah arti uang di mata kita?

Saya yakin ada berjuta-juta jawaban. Sebagian besar mungkin berpendapat dengan uang mereka bisa membeli kebutuhan, meraih cita-cita, membeli kekuasaan, mendapatkan keinginan, bahkan sebagian besarnya mengatakan uang adalah alat untuk bersenang-senang.

Ada orang yang pintar mencari uang, namun banyak pula yang kesulitan untuk mendapatkannya. Beberapa bahkan bersedia memberikan hal-hal yang jauh lebih berharga untuk mendapatkannya: kesehatan mereka, waktu mereka, keluarga mereka dan bahkan harga diri mereka.

Pada intinya, uang adalah tentang kekuatan.

Kita semua tahu bagaimana uang dapat membuat kekuatan atau bahkan menghancurkannya. Dapat mewujudkan mimpi menjadi kenyataan atau bahkan menjadikan awal sebuah peperangan.

Kita dapat memberikan hadiah untuk orang-orang terkasih anda, menjadikanya sebagai alat untuk mengekspresikan semangat, kreativitas, memunculkan ide-ide atau bahkan membuat suasana yang sebaliknya: membuat frustasi, menimbulkan rasa benci atau menimbulkan kemarahan.

Uang dapat digunakan untuk mempengaruhi pemerintah dan individu. Bahkan beberapa orang menikahi seseorang hanya karena ingin menguasai uangnya.

Tetapi pada akhirnya, uang tidaklah seperti apa yang kita pikirkan. Kenapa seperti itu?

Perasaan dan emosi yang melingkupi kita setelah memilikinyalah, uang baru terasa berfungsi.

Kita berfikir uang dapat menciptakan: kebebasan, keamanan, membantu orang-orang yang kita cintai, menolong orang yang membutuhkan, memiliki pilihan dan menikmati hidup seperti yang kita harapkan.

Uang tentunya merupakan salah satu cara kita dapat mengubah mimpi kita menjadi nyata.

Tetapi ternyata uang adalah hanya persepsi “abstrak”, ia tidak akan berarti apa-apa apabila Anda tidak mampu mengendalikanya. Dan satu hal yang pasti: “Anda menggunakan uang atau uang yang memperalat Anda”.

Anda harus menguasai uang dengan baik atau, pada tingkat tertentu, uang menjadi guru Anda.

Bagaimana Anda berurusan dengan uang itu menjadi cerminan bagaimana Anda menghadapi sebuah kekuatan. Apakah uang mendatangkan keberkahan atau penderitaan? Menikmati permainan atau malah menjadi beban dalam hidup anda?

Cara terbaik untuk mengubah hidup Anda adalah dengan menemukan orang-orang yang telah mencapai kesuksesan seperti yang Anda inginkan dan kemudian meniru perilaku mereka. Bagaimana mereka berhubungan dengan uang dan Anda akan menemukan jalan menuju kekuasaan.

Tony Robbins telah melakukan penelitian, dia telah mewawancarai banyak orang terkaya di dunia, dan hasilnya sebagian besar dari mereka menganggap bahwa uang itu adalah sebuah permainan.

Mengapa ada orang yang bekerja 10 atau 12 jam sehari dan menghasilkan jutaan dolar, disisi lain ada orang yang kerja separuhnya dan dengan hasil yang juga seadanya.

Uang itu tak ubahnya seperti permainan yang merefleksikan kehidupan. Dimana ada yang duduk-duduk di pinggir lapangan sambil menonton pertandingan, dan ada pemain yang berusaha mati-matian untuk bisa menjadi pemenang, dan pasti kita juga bisa menebak mana yang akan menuai hasil, pemain atau penonton?

Tentu saja pemain, dan begitu juga dalam kehidupan, siapa yang berusaha dan bersungguh-sungguh dialah yang akan menuai hasilnya.

Bagaimana nikmatnya hidup Anda jika saat Anda bangun tidur setiap hari mengetahuai ada cukup uang di tabungan Anda bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar Anda tetapi juga untuk mewujudkan mimpi anda?

Pada umumnya, banyak dari kita akan tetap bekerja setiap hari, karena itulah cara kita untuk mendapatkan penghasilan. Namun kita akan melakukanya dari tempat yang kita sukai dan dengan waktu yang kita suka, sebab kita akan bekerja karena kita ingin, bukan karena kita harus bekerja.

Itulah kebebasan finansial.

Tetapi apakah itu hanya sebuah mimpi? Apakah ada yang lebih penting lagi bagi Anda selain membuat mimpi itu menjadi kenyataan?

Apakah Anda ingin hidup serba kekurangan, pikiran tidak tenang karena mengetahui tabungan Anda tidaklah cukup untuk bisa bertahan hidup lebih lama lagi?

Rahasia sederhana Untuk mendapatkan kekayaan adalah: kita harus berbuat lebih banyak dari yang orang kebanyakan lakukan. Untuk mendapatkan sesuatu yang lebih, kita harus melakukan yang lebih pula.

Sukses untuk kita! 🙂

jual cepat emas antam

One Response

  1. cream pemutih wajah 10 months ago

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)