Review Kemasan Baru Logam Mulia Antam 50 & 100 gr

Agustus 2013 silam, seperti yang telah kita baca dan dengar di banyak media, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) meluncurkan kemasan dan sertifikat emas batangan Logam Mulia (LM) untuk pecahan 50 gram, dan 100 gram. Secara bertahap akan meluncurkan hal yang sama pada Logam Mulia pecahan 10gr dan 25 gr.

Peluncuran kemasan dan sertifikat baru ini bertujuan agar emas batangan Logam Mulia lebih menarik dan tidak mudah dipalsukan.

Kemasan baru LM ini memiliki kualitas khusus seperti packaging code khusus dan hologram khusus yang hanya bisa dikeluarkan oleh Antam.

Berikut review ODNV terkait kemasan dan sertifikat LM yang baru ini:

Kemasan Baru LM 50 gr

Kemasan Baru LM 50 gr

Kemasan Baru LM 100 gr

Kemasan Baru LM 100 gr

Ciri umum yang dapat kita lihat pada kemasan baru Emas Batangan Logam Mulia ini adalah adanya atribut pada kemasan seperti logo Antam yang modis, logo logam mulia (bagian atas), dan info produksi.

Ada stiker hologram berlogo Antam dapat kita temukan pada sisi kanan dan sisi kiri kemasan, berbentuk lingkaran.

Sementara pada bagian belakang kemasan baru ini terdapat info akreditasi, website perusahaan, info garansi, dan spesifikasi produk seperti serial number, fineness, weight, dan certified assayer yang dilengkapi dengan tanda tangan plus logo London Bullion Market Association (LBMA).

LM 50gr Antam Kemasan Baru (Belakang)

LM 50gr Antam Kemasan Baru (Belakang)

LM 100gr Antam Kemasan Baru (Belakang)

LM 100gr Antam Kemasan Baru (Belakang)

Sementara kode produksi terdiri dari kombinasi huruf dan angka berukuran sangat kecil, yang menurut kami masih bisa dibaca oleh kalangan muda, seperti saya ini. 🙂

Kode keamanannya sendiri berupa logo LM yang dicetak dengan tinta khusus yang dapat dilihat di bawah sinar UV (ultraviolet).

Sinar UV Kemasan Baru LM Antam

Sinar UV Kemasan Baru LM Antam

Kode keamanan lainnya adalah penggunaan barcode tipe QRCode, plastik tembus pandang yang di bagian belakangnya terdapat hologram logo LM, serta huruf L pada produk yang akan berubah menjadi M apabila dilihat dari sudut pandang tertentu.

Kesimpulan
Sebagaimana yang telah disampaikan oleh pihak Antam, kemasan dan sertifikat baru ini bertujuan agar emas batangan LM lebih menarik dan utamanya, tidak mudah dipalsukan.

Menurut paparan Marketing Manager Antam kepada kami, adanya perubahan ini dilakukan untuk merespons beberapa kejadian yang kurang mengenakkan terkait beberapa kasus penipuan dengan modus menjaminkan/menggadaikan barang berupa emas batangan LM yang ternyata setelah ditelisik barang tersebut bukan emas dan hanya sertifikatnya saja yang menyatakan emas.

Berangkat dari berbagai kejadian tersebut Antam mencoba mempacking dalam packaging tertutup sertifikat dan produk emas murni batangan sekaligus dalam satu kemasan. Alhasil terciptalah produk emas murni batangan LM 50 gr dan 100 gr yang beredar saat ini.

Hal ini dapat mencegah modus yang sama karena sertifikat dan produk menyatu dalam kemasan tertutup. Ternyaat metode ini juga umum digunakan produsen emas lainnya di seluruh dunia yang berakreditasi (LBMA). So we are not alone! 🙂

Mengenai garansi (jaminan) buyback tidak berlaku jika kemasan rusak, telah diklarifikasi bahwa Antam akan menerima bagi siapa saja yang mau menjual kembali emas murni batangan LM termasuk kemasan baru 50 gr dan 100 gr tanpa terkecuali, baik kemasan tersebut masih utuh ataupun sudah rusak secara sengaja atau karena umurnya yang sudah lama.

Jadi tidak ada masalah. Hanya saja untuk kemasan yang rusak tadi, Antam akan memverifikasi ulang keaslian produk dengan metode analisa keaslian yang sudah menjadi standar proses Antam, proses ini tentunya ada biayanya.

Umumnya untuk produk emas murni batangan yang sudah rusak kemasannya akan dipotong dari harga buyback Antam sebesar Rp 3,000/gr untuk menggantikan biaya analisa/verifikasi keaslian emas, jika Anda menjual kembali ke Antam.

Demikian review tidak singkat, yang bisa saya utarakan.

Jangan khawatir, emas Anda akan tetap “aman” dan diterima walaupun kondisi kemasan rusak. Apalagi jika belinya di ODNV! #skalianpromosi 🙂

Ohya untuk kemasan baru ini, harganya sedikit berbeda dengan kemasan lama, silakan Anda cek harganya disini.

Just remind, bahwa kesaktian emas, terletak pada fisiknya, bukan hanya pada sertifikat atau kemasannya. Selama fisik emas yang kita tabung ada dalam genggaman, insya Allah ia akan dapat melindungi nilai dan harta kita dari jahatnya inflasi.

Semoga  bermanfaat.

jual cepat emas antam

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)