Quick Win, Satu Faktor Kunci Dalam Kesuksesan Memulai Bisnis

Im_Winner

Beberapa waktu yang lalu di bagian depan perumahan dimana ODNV berkantor ada warung makan rumahan yang baru buka. Sajian utamanya ayam bakar, ini bisa terlihat di papan promosi yang diletakkan di depan warung rumahan tersebut.

Belum pula saya mencoba warung makan baru tersebut, ternyata sudah tidak lagi beroperasi alias tutup warung. Setiap kali saya lewat, memang tidak terlihat ada yang mampir makan di warung rumahan tersebut.

Terus terang, saya mau mencoba mampir juga menjadi ragu. Sampai akhirnya warung rumahan yang baru dibuka ini tidak berumur lama, memutuskan menutup kembali warungnya, mungkin untuk selamanya.

Mencoba memulai bisnis, namun kemudian tidak bertahan lama, gagal mendatangkan pembeli, kehabisan modal dan akhirnya memutuskan tutup adalah pengalaman berharga yang, sorry to say, menyakitkan; bisa mendatangkan trauma yang berkepanjangan. #sakitnyatuhdisinibro

Jika saja waktu itu saya berkesempatan mampir mencoba makan dan bertemu dengan sang empunya warung, besar kemungkinan saya akan memberikan masukan mengenai quick win, satu faktor kunci dalam keberlangsungan dan kesuksesan memulai bisnis. Sebuah pelajaran yang bisa share hasil dari pengalaman pahit yang sama; gagal dalam memulai bisnis.

Apa itu Quick Win?

Quick win, seperti arti harfiahnya adalah kemenangan yang cepat atau lekas menang. Sebuah action kecil yang bisa lekas mendatangkan kemenangan. Kemenangan kecil yang bisa mendorong kemenangan-kemenangan berikutnya.

Ketika memulai bisnis, kita perlu segera menciptakan kemenangan-kemenangan kecil ini, quick wins. Kemenangan ini tidak melulu berkorelasi dengan profit/keuntungan. Kemenangan ini lebih penting untuk psikologis kita, kemenangan cepat ini penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan antusiasme; bahwa kita bisa berbisnis dan kita yakin bisnis ini akan membesar jika kita telaten.

Rasa percaya diri dan antusiasme ini jauuuh lebih berharga dibandingkan profit yang mungkin tak seberapa. Lebih baik kita mengurangi profit atau bahkan no profit agar jualan kita laku saat awal memulai bisnis.

Coba bayangkan, kita baru memulai bisnis makanan, mencoba jualan di keramaian car free day. Belum 10 menit kita buka, sudah ada yang datang mau membeli makanan yang kita jajakan.

Saking girangnya terhadap datangnya pembeli pertama dalam sejarah kehidupan berbisnis kita, maka kita ikhlas berikan diskon khusus sampai no profit. Lalu pembeli memberikan respon positif, enak nih. Minta kartu nama dan menanyakan apakah bisa order dihantar ke rumah. Tentu saja bisa.

Menit-menit berikutnya kita akan lebih percaya diri dan antusias menjajakan dagangan kita; teriak sekencangnya agar makin banyak yang datang membeli dan mencoba. Orang-orang pun berduyun mengerubungi dagangan kita.

Gelaran car free day belum usai, dagangan kita sudah ludes. Alhamdulillah.

Bandingkan dengan galaunya pemilik warung makan rumahan yang saya ceritakan di awal. Mungkin hari pertama belum ada pembeli datang, hari kedua cuma ada 1 pembeli, hari ketiga juga cuma 1 pembeli, hari keempat dan seterusnya lebih banyak diisi dengan gak ada pembeli yang datang.

Kepercayaan diri mulai goyah, mentalitas staf juga mulai ikut runtuh, modal terus tergerus, akhirnya memilih tutup dan menyisakan duka serta trauma berkepanjangan. Kapok. Yang paling berbahaya adalah mekarnya mindset bahwa kita tidak bakat berbisnis. #dooh

Bagaimana Menciptakan Quick Wins?

Quick wins pada awal memulai bisnis berfokus pada pemekaran rasa percaya diri dan antusiasme pada diri kita. Profit menjadi prioritas nomor tiga. Untuk awalan yang penting profit dicukupkan untuk operasional, bahkan kalau perlu biaya operasional juga kita subsidi.

Seiring bisnis bergulir, kepercayaan diri dan antusiasme tumbuh, serta feedback yang disampaikan oleh customer, kita bisa mulai memperbaiki nilai profit agar bisnis terus bergulir.

Lalu, bagaimana cara kita menciptakan quick wins agar rasa percaya diri dan antusiasme menggelegak sehingga bisnis bisa mekar dan bertumbuh?

Dalam kasus memulai bisnis makanan, beberapa hal berikut ini bisa menjadi ide untuk menciptakan quick wins:

  • Undang teman dekat dan tetangga untuk hadir pada pembukaan warung. Berikan minuman gratis dan voucher makan agar pada datang.
  • Sebarkan publikasi bahwa selama masa pembukaan diskon 40%. Kalau perlu berikan promo cukup bayar separo, separo lagi bayar dengan doa. Insya Allah berkah.
  • Siapkan tester, kemudian bagikan di kerumunan sembari minta feedback dan berikan voucher makan sebagai tanda terima kasih.
  • Warung makan yang ramai akan menarik keramaian yang lain. Ini disebutnya social proofing.
  • Untuk menciptakan quick wins, kita berfokus pada publikasi seluasnya sesuai target market dan memberikan diskon yang menarik sehingga orang antusias untuk mencoba beli, memberikan feedback dan mempromosikannya kembali pada teman-temannya.

Saya tidak menyampaikan bahwa menciptakan quick wins ini mudah, namun insya Allah juga tidak sulit. Yang pasti, quick wins harus kita upayakan dengan sepenuh jiwa agar bisnis bisa terus mekar dan kesuksesan hanyalah masalah waktu.

That’s the power of quick wins!

jual cepat emas antam

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)