Nabung Dulu, Baru Belanja

Judul di atas adalah ajakan sederhana yang kadang kita terlupa atau sengaja tidak terlalu kita ingat. Karena, “ah mana mungkin, orang buat belanja kebutuhan saja gak cukup, ini masih mau disisihin di depan buat nabung” atau “nabung mah nanti saja kalau memang duitnya bersisa”.

Dan pada kenyataannya, berapapun penghasilan kita selalu terasa tidak cukup dengan ‘kebutuhan’ kita dan akhirnya tidak ada secuilpun bersisa untuk kemudian ditabung.

Jika memang demikian keadaannya, maka ajakan bijak di atas patut Anda renungkan dan terapkan secara disiplin segera; sisihkan sebagian penghasilan kita di depan untuk tabungan, baru kemudian sisanya kita habiskan buat belanja kebutuhan dan keinginan.

Tentu saja ini adalah tantangan bagi yang belum terbiasa, namun menariknya tantangan menabung di depan ini belum berakhir sampai di sini.

Tantangan berikutnya dari menabung rupiah adalah godaan untuk menggunakannya secara sembrono, dalam artian kita mempergunakannya tidak sesuai peruntukan awal, semisal: tabungan yang rencananya buat dana pendidikan anak, kemudian dengan semena-mena kita menggunakannya untuk membeli BB, misalnya.

Terus bagaimana dong mensiasatinya?

Salah satu cara cerdasnya adalah dengan menabung ke dalam bentuk yang tidak gampang untuk langsung digunakan seperti uang. Ya minimal perlu usaha untuk mencairkannya dalam bentuk uang.

Investasi jawabannya, investasi emas Antam misalnya. 🙂

Maka ajakan nabung dulu baru belanja perlu kita ubah menjadi investasi dulu baru belanja, investing dulu baru shopping.

Bagi kita yang selama ini selalu merasa penghasilannya tidak pernah cukup dan tidak bersisa untuk diinvestasikan, maka sebaiknya kita segera mengubahnya dengan menyisihkan dana buat investasi di depan dan sisanya baru dihabiskan untuk dibelanjakan.

Akan lebih mulia, jika kita juga menyisihkan di depan dari penghasilan kita untuk berzakat, infak dan sedekah. Toh pada akhirnya inilah yang akan menjadi harta kita sesungguhnya.

Mari bijak mengelola keuangan.

place your ads here

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)