Menyiapkan Dana Pendidikan Dengan Berbasiskan Emas

Setelah kemarin kami membahas mengenai merencanakan haji dan umroh dengan berbasiskan emas, maka kali kami mencoba melakukan kalkulasi yang sama dengan dana pendidikan.

Seperti kita tahu, dana pendidikan anak tiap tahunnya mengalami kenaikan yang sangat signifikan, khususnya dana pendidikan di kota-kota besar di Indonesia. Rata-rata kenaikannya mencapai 20% pertahun. Tentu ini menjadi tantangan buat kita agar bisa merencanakan dana pendidikan anak-anak kita dengan baik dan itu mesti dimulai dari sekarang.

Untuk melakukan kalkulasi perencanaan dana pendidikan dengan berbasiskan emas ini kami mengambil referensi kalkulasi rencana dana pendidikan dari buku Untuk Indonesia Yang Kuat – 100 Langkah Untuk Tidak Miskin, buku perencanaan keuangan keluarga menengah yang ditulis oleh Ligwina Hananto (@mrshananto), sebuah buku yang sangat kami rekomendasikan untuk dibaca.

Berikut adalah tabel rencana pencapaian dana pendidikan yang juga sudah kami konversikan ke dalam emas:

Asumsi yang dipergunakan adalah seperti ini:

  • Rencana dana pendidikan untuk anak yang berusia 1 tahun.
  • Data dana pendidikan adalah hasil riset tahun 2009.
  • Kenaikan pertahun dana pendidikan untuk playgroup-SMA adalah 20%, sementara untuk PT adalah 15%.
  • Untuk kalkulasi dana pendidikan dari playgorup-SMA hanya memperhitungkan uang pangkal/masuk, sementara untuk PT sudah merupakan total dari masuk sampai lulus.
  • Kenaikan pertahun harga emas adalah 20%.

Kita coba ingat kembali rumus untuk mencari future value (FV):

FV = PV*(1+r)^n

Dengan demikian kita bisa melihat dari tabel tersebut di atas, jika dengan menggunakan nilai sekarang PV (present value), maka jika dikonversikan ke dalam emas kita cukup menyiapkan sekitar 419gr emas 24k.

Sementara jika dengan menggunakan FV dana pendidikan, kita malah cukup menyiapkan emas 24k sekitar 296gr. Berarti mengalami penurunan.

Hal ini wajar karena asumsi kenaikan harga emas kita patok di angka 20%/tahun, sementara ada 1 jenjang pendidikan yang asumsi inflasinya cuma 15%/tahun, dibawah kenaikan harga emas, yakni jenjang pendidikan perguruan tinggi.

Dengan mengambil angka hasil konversi total dana pendidikan saat ini ke dalam emas yang 419gr, tinggal kita rencanakan bagaimana strategi kita untuk mencapainya.

Jika kita displin dan komitmen secara rutin menabung emas 5gr saja per bulan, maka insya Allah dalam jangka waktu kurang dari 7 tahun (tepatnya 83.8 bulan) kita sudah bisa mengumpulkan emas 419gr. Ini jauh lebih cepat dari jangka waktu yang tersedia yakni 17 tahun. Wallahu’alam.

jual cepat emas antam

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)