Menghitung Patokan Harga Emas Perhiasan

Selain menyimpan emas dalam bentuk batangan, masyarakat Indonesia juga tidak kalah antusiasmenya untuk menyimpan emas dalam bentuk perhiasan.

Selain karena nilai intrinsik dari emasnya, perhiasan emas juga bisa dipakai, dinikmati keindahan dan keelokannya yang juga merupakan kelebihan emas perhiasan dibandingkan dengan emas batangan.

Namun kendala yang terjadi di pasar, hampir-hampir tidak ada harga acuan pasti mengenai harga emas perhiasan di pasaran. Berbeda dengan emas batangan yang harganya bisa mengacu kepada harga Antam dan tiap hari bisa dipantau secara online.

Hal ini pula yang nampaknya membuat artikel kami mengenai bagaimana mengetahui harga pasaran emas perhiasan yang kami publikasikan lebih dari setahun yang lalu menjadi salah satu artikel terpopuler alias paling banyak dibaca.

Dalam artikel tersebut kami sharing mengenai bagaimana menghitung harga pasaran emas perhiasan dengan berpatokan pada karat emas perhiasan dan harga pasaran emas 24 karat. Cukup untuk menjadi pegangan bagi yang tengah ingin membeli maupun menjual emas perhiasan.

Nah, untuk lebih menyempurnakan artikel tersebut, sejak 2 hari ini kami telah mempublikasikan halaman Patokan Harga Emas Perhiasan yang bisa dilihat melalui menu “Resources” di bagian atas web ini.

Untuk menghasilkan halaman Patokan Harga Emas Perhiasan ini, kami menggunakan data buyback price atau harga beli kembali emas batangan Antam 24 karat yang tiap hari dipublikasikan melalui web Logam Mulia milik Antam.

Dengan data harga tersebut kemudian kami kalkulasikan untuk emas 22 karat (91.7%), 20 karat (83.3%), 18 karat (75%), 16 karat (66.7%) sampai dengan 14 karat (58.3%). Kami menggunakan kadar karat 14 – 22 karat karena biasanya, kadar emas ini yang jamak digunakan dalam emas perhiasan.

Kami juga memilih menggunakan data buyback price agar lebih ‘wajar’ karena harga ini sudah menghilangkan unsur biaya cetak emas batangan.

Halaman Patokan Harga Emas Perhiasan ini otomatis update setiap hari sesuai data paling update dari web Logammulia.

Tentu saja harga patokan emas perhiasan yang kami sajikan ini masih jauh dari sempurna. Namun setidaknya kita jadi sedikit tahu angka patokan terhadap emas perhiasan yang ingin kita beli maupun jual.

Satu hal yang patut diingat, perhiasan emas adalah sebuah karya seni, sehingga ada nilai seni yang seringkali rumit untuk ditelaah dan dikalkulasikan dalam angka. Harap bisa dimaklumi bersama. 🙂

Semoga bermanfaat!

Image : www.arabianbusiness.com

place your ads here

4 Responses

  1. desi 4 years ago
  2. ina 4 years ago
  3. herman 3 years ago
  4. Sepsy 2 years ago

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)