Mempersiapkan Dana Pensiun dengan Dinar Emas

“Buy futures with present value” – Chairul Tanjung

Kali ini mari kita coba menghitung mempersiapkan dana pensiun dengan menggunakan dinar emas.

Meskipun pensiun bukanlah konsep ‘yang keren’ karena pada hakekatnya manusia mestinya tetap produktif, bermanfaat bagi yang lain sampai akhir hayatnya, tidak ada salahnya kita coba hitung-hitung, sebagai wacana.

Untuk menghitung dana pensiun, data yang perlu kita siapkan adalah:

  • Berapa tahun waktu yang tersedia sampai masuk masa pensiun.
  • Berapa tahun ingin ‘menikmati’ masa pensiun, dalam artian kita berasumsi terhadap berapa lama kira-kira umur kita. Bukan hendak mendahului ketentuan Allah, namun kita mencoba untuk berhitung saja.
  • Dana yang diperlukan untuk memenuhi secara cukup kebutuhan kita dalam 1 tahun (nilai saat ini).
  • Asumsi inflasi.
  • Harga dinar saat ini, bisa dilihat di harga emas hari ini.
  • Asumsi kenaikan dinar pertahun.

Untuk memudahkan mari kita buat simulasinya, kita pinjam nama seorang kawan, sebut saja Edy.

Edy berumur 31 tahun dan ingin pensiun di umur 55 tahun, berarti dia punya waktu 24 tahun untuk mempersiapkan dana pensiun.

Edy berasumsi hidupnya bisa sampai umur 70 tahun, itu berarti dari masa pensiun sampai akhir hayat ada 15 tahun lamanya.

Edy menghabiskan dana 7jt/bulan untuk biaya hidupnya saat ini, berarti dia memerlukan dana sejumlah 84jt untuk hidup selama 1 tahun dengan nilai sekarang.

Kita asumsikan tingkat inflasi di angka 12% pertahun.

Kita ambil rerata harga dinar saat ini adalah 2.2jt/keping (harga 20 Feb 2012) dengan asumsi kenaikan nilai dinar pertahun 15%. Ini asumsi moderat karena biasanya kenaikan dinar mencapai lebih dari 20% pertahun.

Biaya hidup tahunan Edy yang 84jt/tahun, ketika dia memasuki usia pensiun umur 55 tahun, yang berarti 24 tahun yang akan datang, menjadi 1.275.004.830 dengan asumsi inflasi 12%/tahun.

Dengan memperhitungkan asumsi kenaikan dinar yang 15%/tahun, maka harga perkeping dinar pada 24 tahun yang akan datang menjadi 62.975.388.

Nah, tinggal kita teruskan hitungannya pada 15 tahun setelah masa pensiun, tetap dengan asumsi inflasi 12% dan kenaikan nilai dinar 15%.

Dengan perhitungan tersebut, pada akhirnya Edy memerlukan 255 dinar untuk bisa hidup cukup seperti sekarang, dari umur 55 s/d 70 tahun. Untuk bisa mengetahui darimana jumlah 255 dinar ini didapat, Anda mesti melihat perhitungannya melalui file xls yang kami share di bawah.

Dalam waktu 24 tahun kedepan, berarti Edy mesti menabung dinar emas sejumlah 0.88 dinar emas perbulan. Ringan juga ternyata ya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan unduh file perhitungan pensiun dengan dinar ini.

Silahkan simulasikan kebutuhan Anda masing-masing.

Pengunaan dinar hanya untuk memudahkan penghitungan saja (unit account), jika ingin menggunakan emas batangan, silahkan dimodifikasi sendiri. Jika sudah paham prinsipnya, insya Allah mudah untuk memodifikasinya.

Semoga kita bisa mempersiapkan masa depan dengan lebih baik. Wallahu’alam.

*photo credited to Zsoolt Bugarszki

place your ads here

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)