Mau Menjual Kembali Emas Antam? Ketahui Tips dan Triknya Di Artikel Ini

emas_antam

Salah satu keuntungan menabung dalam bentuk emas adalah jika suatu waktu kita membutuhkan dana, kita bisa menjual tabungan emas kita dengan nilai yang terjaga. Kita bisa menjual emas dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga belinya dulu. Toko-toko emas beroperasi dalam industri yang mandiri.

Maka dari itu, pelanggan sebaiknya paham tentang proses transaksi jual beli emas. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pelanggan sebelum menjual kembali emas Antam miliknya, yakni:

#1. Telitilah saat membeli

Jika kita ingin harga jual kembali emas kita lebih tinggi dari harga belinya, maka saat membeli kita harus teliti. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membeli emas adalah surat atau sertifikat resmi dari pencetak logam mulia.

Sertifikat ini sebagai jaminan saat akan menjual kembali emas Antam yang kita miliki. Di Indonesia, sertifikat emas dikeluarkan oleh PT. Antam selaku produsen emas. Sertifikat dari Antam bisa diterima oleh toko emas, pegadaian, dan bank-bank.

Sertifikat ini berlaku untuk emas batangan. Emas perhiasan jarang ada sertifikat. Biasanya hanya berupa kuitansi atau nota pembelian dari toko emas. Jika tidak ada sertifikat, sebenarnya tidak mengapa, hanya saja akan mengurangi harga jualnya.

#2. Mengetahui kadar nilai emas

Kualitas emas bervariasi, ditentukan oleh karat. Kadar karat ini tertera pada sertifikat atau surat saat membelinya. Setiap kadar karat memiliki harga yang berbeda.

Untuk emas yang karatnya sama juga, bisa jadi harganya akan berbeda. Logam mulia Antam misalnya, tahun seri cetak yang berbeda akan menimbulkan nilai jual yang berbeda pula.

Untuk itu, kita harus mengetahui berapa kadar karat emas yang akan kita beli dan berapa harganya.

#3. Cari toko dengan harga buy back terbaik

Sebelum menjual emas, sebaiknya Anda mendapatkan dua atau tiga penawaran harga dari toko yang berbeda. Logam mulia Antam lebih diterima di berbagai tempat dengan harga yang bervariasi. Harga buy back LM emas terendah biasanya dari PT. Antam sendiri. Nilai buy back ini bisa didapat dari situs resmi Antam.

Oleh sebab itu, saat membeli emas sebaiknya Anda membelinya di Antam, tapi menjualnya di toko emas. Jadikan buy back Antam sebagai patokan, kemudian tanyakan harga buy back di toko-toko emas. Biasanya mereka akan memberi penawaran yang lebih tinggi, terutama toko emas di mall.

Jika kita ingin menjual emas Antam, di manakah tempat yang tepat? Berikut ini adalah beberapa tempat yang direkomendasikan untuk menjual kembali emas Antam antara lain:

a. Pegadaian

Pegadaian, baik konvensional maupun syariah, melayani jual beli emas. Pegadaian biasanya mau membeli emas sebesar 97% dari harga pasar. Tentunya harus dibuktikan juga dengan sertifikat pembelian. Nilai ini termasuk tinggi dibandingkan tempat lain, bahkan Antam sendiri.

b. Unit Bisnis Antam

Unit bisnis Antam di Pulogadung, Jakarta Timur, melayani pembelian dan penjualan emas. Antam merupakan produsen emas batangan. Jadi jika kita ingin membeli emas batangan langsung di unit bisnis Antam, harganya akan lebih murah. Untuk penjualan, harga beli kembali emas yang ditawarkan Antam adalah 95% dari harga pasar. Harga beli kembali di Antam pusat maupun cabang Antam di berbagai daerah, sama nilainya, yakni 95% dari harga pasar.

c. Butik emas di mall-mall

Di beberapa mall besar terdapat beberapa gerai butik emas mobile. Di gerai ini melayani jual beli emas. Harga beli kembalinya kurang lebih sama dengan Antam.

d. Situs Buybackemas.com

Saat ini ada satu situs khusus yang melayani pembelian kembali emas Antam yang ingin Anda jual, yakni Buybackemas.com. Harga buyback yang ditawarkan situs ini cukup kompetitif dan melayani sistem jemput emas dan pembayaran (melalui transfer BCA/Mandiri) di tempat ketika emas dijemput. Tentu saja ini sangat memudahkan kita yang punya keterbatasan waktu.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda akan menjual kembali emas Antam. Semoga bermanfaat.

place your ads here

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)