Klarifikasi Resmi OJK Mengenai ODNP

layanan_konsumen_ojk

Alhamdulillah, kami telah menerima klarifikasi resmi dari OJK melalui email layanan konsumen terkait ODNP yang masuk dalam daftar OJK mengenai investasi yang patut diwaspadai.

Seperti yang telah kami sampaikan dalam artikel sebelumnya, bahwa OJK mempublikasikan 262 Penawaran Investasi Yang Patut Diwaspadai pada awal November kemarin.

Kemudian ODNV merasa perlu melakukan klarifikasi langsung ke OJK terkait pencantuman nama ODNP (bukan ODNV) pada daftar tersebut. Email lengkap ODNV terkait permohonan klarifikasi tersebut bisa dibaca pada artikel ini.

OJK telah melakukan klarifikasi melalui layanan telpon, namun kami berharap OJK bisa memberikan klarifikasi lebih resmi melalui email. Dan alhamdulillah, OJK telah mengirimkan email resmi sebagai klarifikasi.

Melalui email tersebut, OJK memang tidak memberikan klarifikasi detil persis seperti yang kami ajukan, namun lebih secara umum.

Secara inti, ada 3 hal utama yang coba OJK klarifikasikan:

  1. Daftar yang OJK sampaikan adalah daftar dari kegiatan/perusahaan yang dilaporkan dan/atau ditanyakan aspek legalitasnya, namun tidak terdaftar atau di luar kewenangan OJK.
  2. Tidak serta merta berarti bahwa kegiatan/perusahaan yang tercantum dalam daftar tersebut melakukan kegiatan yang melawan hukum.
  3. OJK tidak dalam kapasitas untuk menyatakan aspek legalitas perusahaan tersebut dalam melakukan kegiatannya.

Klarifikasi kami mengenai apakah ODNP yang dimaksud dalam daftar tersebut adalah ODNV tidak dijawab oleh OJK. Namun, kalaupun memang ODNP yang dimaksud adalah ODNV, insya Allah hal ini juga tidak serta merta menunjukkan bahwa operasional ODNV adalah ilegal dan melawan hukum.

Patut diketahui, ODNV adalah institusi perdagangan yang mana izin operasionalnya berdasar pada Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP No. 510/576-BPPT/PM/III/2012) yang dikeluarkan oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bekasi.

Operasional perdagangan yang dilakukan oleh ODNV memang diluar kewenangan OJK untuk melakukan regulasi.

Secara lebih lengkap, berikut adalah email resmi klarifikasi OJK:

Yth. Bapak Dhika ODNV

Terima kasih atas waktu yang telah disediakan.

Sebelumnya dapat kami jelaskan kepada Bapak jika Daftar yang kami sampaikan adalah daftar dari kegiatan/perusahaan yang dilaporkan dan/atau ditanyakan aspek legalitasnya, namun tidak terdaftar atau di luar kewenangan OJK. Hal ini tidak serta merta berarti bahwa kegiatan/perusahaan tersebut melakukan kegiatan yang melawan hukum. OJK tidak dalam kapasitas untuk menyatakan aspek legalitas perusahaan tersebut dalam melakukan kegiatannya.

Berkaitan dengan daftar dimaksud, OJK secara rutin akan melakukan pengkinian data yang dimuat dalam website OJK, baik dari sumber terpercaya, hasil koordinasi Satgas Waspada Investasi, hasil identifikasi lanjutan OJK, maupun informasi dari otoritas lain agar masyarakat tetap memperoleh informasi mengenai legalitas dari otoritas yang terkait.

OJK memperoleh informasi bahwa kementerian atau lembaga pemberi izin dalam daftar yang dirilis OJK tersebut sedang menelaah untuk memastikan apakah perusahaan tersebut telah melaksanakan kegiatan sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Mohon kiranya dapat melihat pengumuman lebih lanjut pada laman http://www.ojk.go.id/siaran-pers-ojk-memperbarui-daftar-perusahaan-bukan-dalam-kewenangan-ojk

Demikian, semoga informasi kami bermanfaat.

Direktorat Pelayanan Konsumen
Bidang EPK OJK

place your ads here

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)