Ketika Uang ‘Dicetak’ Berlebihan, Maka Harga Emas Akan Terus Melambung

Posisi harga emas pagi ini mengejutkan banyak orang, karena kenaikannya yang sungguh signifikan, sekitar 12rb/gram untuk produk logam mulia Antam.

Kenaikan yang tajam ataupun penurunan yang terlalu dalam memang senantiasa membuat riuh semua pihak, meskipun sesungguhnya ini adalah sesuatu yang ‘wajar’ saja.

Terus, apa pasal yang membuat harga emas melambung begitu tinggi pagi ini?

Harga emas melambung ke sekitar USD 1770/toz pagi ini terdorong oleh sentimen dari hasil rapat FOMC (Federal Open Market Commitee) yang diumumkan oleh The Fed dini hari tadi.

Apa saja poin penting dari hasil FOMC ini?

Poin pertamanya adalah The Fed akan membeli USD 85M aset baru berjangka panjang, termasuk USD 40 miliar surat berharga berbasis kredit perumahan setiap bulannya.

Poin kedua, The Fed tidak membatasi jangka waktu aksi ini, paling tidak minimal sampai akhir tahun 2012 ini.

Kedua poin di atas akan menunjuk 1 kesimpulan bahwa untuk mendukung 2 aksi stimulus (dikenal luas sebagai QE 3) tersebut The Fed akan memerlukan banyak uang yang berarti akan terus mencetak dollar dari awang-awang.

Ketika supply uang berlebih, maka emas sebagai komoditas yang diciptakan untuk menjadi timbangan yang adil, akan menyeimbangkannya dengan harga yang terus naik.

Dan karena aksi stimulus ini tidak terbatas dengan patokan angka, maka kemungkinan besarnya harga emas akan terus mengimbanginya dengan kenaikan.

Sebagai pengingat, bahwa pada QE 1 dikucurkan stimulus senilai USD 600 milyar, telah mendorong harga emas dari USD 800/toz ke sekitar USD 1200/toz dalam rentang waktu 2 tahun, 2008-1010.

Pada QE 2, yang nilainya sama USD 600 milyar, telah mendorong harga emas dari USD 1200/toz ke USD 1600/toz dalam rentang tahun 2010-2012.

Maka untuk QE 3 ini, jika nilainya nanti sama mencapai USD 600 milyar, maka kemungkinan besar akan mendorong harga emas dari sekitar USD 1600/toz ke USD 2000/toz.

Tapi, apakah benar akan demikian angkanya? Mungkinkah lebih kecil dorongannya terhadap harga emas? Ataukah malah jauh lebih besar dorongannya terhadap harga emas?

Satu hal yang pasti, kita mesti pandai mengamankan aset kita pada sesuatu yang nyata yang nilainya secara intrinsik melekat pada sesuatu tersebut; emas, tanah, sawah, rumah, ruko, barang dagangan, dll.

Wallahu’alam.

*foto diambil dari sini

place your ads here

One Response

  1. Obat Wasir Mujarab 8 years ago

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)