Ketika Harga Emas Terus Turun, 1 dari 3 Hal Ini Bisa Anda Coba Lakukan Agar Tetap Mampu ‘Menguasai’ Keadaan

gold_down

Pertengahan bulan Juli kemarin kita dikejutkan dengan penurunan harga emas yang cukup dalam, tidak ada keriuhan yang berlebihan karena terjadi di saat kita tengah libur panjang lebaran.

Harga emas secara internasional yang di awal bulan Juli masih di kisaran angka 490rb-505rb/gr, hari ini harganya melorot di kisaran 475rb-an/gr. Untuk memantau harga emas internasional secara realtime, Anda bisa klik halaman ini.

Kenapa bisa melorot sedemikian dalam? Kita bisa coba baca berbagai analisanya melalui Googling, kita akan temukan berbagai analisa. Semoga tidak bikin kita makin puyeng 😉

Hal yang lebih penting adalah, apa yang bisa kita coba lakukan ketika harga emas turun sedemikian dalam?

Setidaknya ada 3 pilihan yang bisa kita coba lakukan agar tetap bisa ‘menguasai’ keadaan:

investment is not an event, it’s a vision (anonymous)

Pilihan pertama adalah jual emas Anda. Wah rugi dong om?! Ya, jelas akan ada kerugian.

Lakukan langkah ini jika Anda yakin ada peluang (investasi/bisnis) lain yang bisa mendatangkan keuntungan yang cukup layak dan Anda masih punya waktu yang cukup panjang untuk mencapai tujuan investasi Anda.

Dengan dana hasil penjualan, Anda bisa ambil peluang tersebut yang mana keuntungannya bisa menutupi kerugian dan masih banyak kelebihannya.

Pastikan Anda pahami resiko atas peluang baru tersebut. Jauhi investasi yang too good to be true yang ujungnya ternyata investasi bodong.

Langkah ini membuat Anda mundur beberapa langkah (merugi) untuk kemudian berlari menuju tujuan dan sampai tepat waktu (dengan hasil yang diperoleh dari peluang lain).

Pilihan kedua adalah beli lagi emas lebih banyak. Wah, bisa makin rugi dong ntar?! Bisa ya, bisa tidak.

Lakukan langkah ini jika visi investasi kita masih cukup panjang, kita tidak dalam rencana memerlukan dana dari emas ini dalam waktu yang dekat.

Dengan membeli lagi emas lebih banyak ketika harganya rendah, akan membuat rata-rata harga pembelian emas kita juga ikut menurun.

Semisal, sebelumnya Anda beli emas 10gr dengan harga 5jt. Ketika harga tengah turun seperti saat ini, Anda beli lagi 10gr dengan harga 4.7jt. Maka rata-rata harga emas 10gr Anda (5jt + 4.7jt)/2 = 4.85jt.

Dengan rerata harga pembelian yang menurun, maka potensi kerugian yang akan timbul juga ikut menurun.

Pilihan ketiga adalah wait and see. Do nothing!

Anda boleh berdiam diri untuk beberapa saat sampai Anda menemukan peluang lain yang lebih menguntungkan dan atau dana tambahan untuk menambah pembelian emas lebih banyak lagi. Sebaiknya jangan terlalu lama wait and see.

Demikian 3 pilihan langkah yang bisa Anda coba lakukan ketika harga emas terus turun. Pahami resikonya masing-masing.

Be wise & be smart!

place your ads here

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)