Kenapa Dana Darurat yang Harus Anda Siapkan adalah 12 Kali Gaji?

dana_darurat

Bagaimana jika bulan depan Anda di-PHK dari kantor Anda bekerja demi efisiensi biaya perusahaan? Atau bagaimana jika bisnis yang Anda jalani bangkrut dan semua modal kerja lenyap? Atau bagaimana jika suatu ketika ada anggota keluarga Anda yang kena musibah?

Persis pada titik itulah, dana darurat mungkin menjadi amat krusial. Sebab dengannya Anda dan keluarga masih bisa menopang hidup, dan membeli lauk untuk makan besok. Atau untuk biaya sekolah anak-anak.

Dana darurat juga bisa membuat Anda tidak perlu mengambil KTA demi uang cash buat hidup. Lalu kelak, dikejar-kejar debt collector karena telat bayar cicilan.

Maka mari minum teh hangat dulu, sebelum bicara soal pahit dalam hidup : kondisi keuangan yang selalu serba kekurangan.

Salah satu risiko terbesar menjadi karyawan adalah di-PHK (selain risiko kedua yakni: gaji tidak pernah naik, dan kalaupun naik, tidak ngejar kenaikan biaya hidup. Risiko pahit yang selalu membayang).

Pertanyaan : jika bulan depan Anda dipecat, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan baru? Makin lama, makin menunjukkan harga jual dirimu tidak begitu bagus di pasaran.

Your marketability. Ini adalah kecakapan Anda untuk menjual skills yang Anda miliki, demi mendapatkan pekerjaan bagus dengan relatif cepat.

Jika Anda seorang pebisnis, maka juga akan menghadapi risiko yang kadang brutal: jualanmu ndak laku, modal kerja lenyap, dan pelan-pelan bisnis bangkrut.

Lah kalau begini, bulan depan mau pake uang siapa untuk makan? Uang cap monopoli?

Atau ada kemungkinan lain: tetiba ada anggota keluarga Anda yang jatuh sakit dan membutuhkan biaya signifikan. Dan sayangnya, anggota keluarga ini belum daftar BPJS (yeah, BPJS Kesehatan itu salah satu produk ajaib yang mungkin meringankan beban jutaan keluarga Indonesia. Iya sih, bikin bete rumah sakit juga. )

Dalam kondisi seperti itu – saat dipecat dari kantor atau bisnis kolaps atau kena musibah, maka dana darurat mungkin bisa menjadi sang dewi penyelamat.

Menyelamatkanmu dari terjun ke jurang kemiskinan yang meletihkan. Menyelamatkan kamu dari rasa malu karena harus hutang sana – sini demi mempertahankan hidup.

Berapa idealnya besaran dana darurat? Kata para ahli perencanaan keuangan: sekitar 12 kali gaji/penghasilan atau bisa juga 12 kali biaya hidup bulanan.

Jadi kalau biaya hidup bulanan kamu adalah Rp 5 juta, maka dana darurat sebaiknya adalah Rp 60 juta/bulan.
Rp 60 juta itu yang disimpan dalam brankas. Tidak boleh diutak-utik. Juga dana itu berbeda dengan dana investasi (ini ada alokasinya sendiri).

Boro-boro dana darurat mas, wong uang untuk biaya hidup bulanan saja masih suka kurang. Waduh, itu urusan sampeyan.

Sejatinya, dana darurat ini yang mungkin juga disiapkan jika seseorang mau pindah kuadran (kiat sukses pindah kuadran telah kita ulas minggu lalu DISINI).

Jadi kalau rencana bisnismu itu agak termehek-mehek, Anda masih punya cadangan dana untuk bisa meneruskan hidup. Ya, dana darurat ini tentu harus dipisahkan dengan modal kerja untuk memulai bisnis.

Oh jadi, kalau mau bisnis, selain harus menyiapkan dana untuk modal bisnis, harus siapkan dana darurat juga ya mas? Ya mungkin sebaiknya demikian. Supaya ada safety net.

Dari mana menyiapkan dana darurat ini? Kembali kata ahli perencana keuangan, sebaiknya ditabung dari jatah penghasilan bulanan.

Kalau menurut rumus personal finance, formula pengeluaran penghasilan itu seperti ini :

  • 30 % untuk biaya hidup.
  • 30 % untuk bayar cicilan (cicilan mobil dan KPR kamu yang lunasnya masih lamaaaa itu).
  • 30 % untuk investasi (apa jenis investasi yang menarik, bisa dibaca disini).
  • 10% disiapkan untuk dana darurat.

Jadi kalu gajimu Rp 10 juta, maka 3 juta untuk biaya hidup, 3 juta untuk bayar cicilan, 3 juta untuk investasi dan 1 juta untuk disimpan buat dana darurat.

Baca juga: Islamic Cashflow Management

Apakah Anda sudah sanggup melakukan pembagian seperti ini? Kalau sudah bisa atau bahkan lebih, alhamdulilah.

Kalau belum bisa, mari kita minum teh hangat lagi.
Selamat bekerja mas/mbak. Selamat menabung. Dan selamat merenung.

notes: tulisan ini pertama kali di muat di blog Strategimanajemen.net dan dimuat ulang dengan seizin penulisnya.

*gambar diambil dari Debthelpscotland.

jual cepat emas antam

One Response

  1. ppob 4 years ago

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)