Ingin Menjual Kembali Emas Perhiasan? Berikut Tips Yang Penting Anda Ketahui

Anda ingin menjual kembali emas perhiasan yang pernah Anda beli? Berikut adalah tips yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menjual kembali emas perhiasan Anda:

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah harga pasaran emas perhiasan pada saat Anda ingin menjual kembali emas perhiasan Anda. Anda bisa mencoba mengetahuinya dengan melihat perhitungan patokan harga emas perhiasan di halaman ini.

Patokan harga emas perhiasan tersebut dihitung dengan menggunakan harga buyback emas Antam yang kemudian dihitung ulang dengan menyesuaikan kadar emasnya.

Disebut patokan karena besar kemungkinan harga real yang bakal Anda temui di pasar tidak persis sama seperti yang tercantum pada halaman tersebut, bisa lebih kecil bisa juga lebih besar. Namun semestinya tidak berbeda jauh angkanya.

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan kemana Anda akan menjual kembali emas perhiasan Anda.

Pilihan terbaik yang kemungkinan bisa mendapatkan harga terbaik adalah dengan menjualnya ke sesama pengguna/pengoleksi emas perhiasan.

Anda tentu punya teman dekat atau saudara atau kolega yang juga menyukai dan mengoleksi emas perhiasan, Anda bisa coba tawarkan emas perhiasan Anda ke sesama pengoleksi tersebut.

Kelebihan dengan dijual ke sesama pengoleksi emas perhiasan adalah nilai seni yang terkandung dalam emas perhiasan masih diperhitungkan, sehingga nilai jual kembali emas perhiasan Anda secara total menjadi cukup tinggi.

Pilihan lainnya adalah dengan menjual kembali emas perhiasan Anda ke toko emas langganan Anda. Sebaiknya Anda mencoba menawarkan emas perhiasan Anda ke beberapa toko emas untuk memperoleh beberapa perbandingan harga sehingga bisa memilih harga terbaik.

Jika Anda ingin menjual kembali emas perhiasan Anda ke toko emas, sebaiknya tidak perlu membawa nota pembelian emas perhiasan. Terkadang beberapa oknum toko emas bermain culas dengan mematok harga pembelian kembali emas perhiasan Anda berdasar harga pada nota pembelian dengan dikurangi sekian puluh ribu rupiah per gram.

Hal ini biasanya dilakukan jika harga pasaran emas pada saat itu lebih tinggi dibandingkan dengan harga emas pada nota pembelian. Sementara jika harga pasaran emas pada saat itu lebih rendah dibandingkan dengan harga emas pada nota pembelian, maka toko emas akan berdalih dengan menggunakan harga emas yang berlaku di pasar saat itu.

Ditambah lagi, toko emas mempunyai prosedur untuk melakukan pengecekan keaslian, kadar dan berat emas perhiasan yang ingin mereka beli, jadi membawa nota pembelian memang tidak akan berpengaruh apapun.

Permainan culas ini dilakukan oleh oknum, tidak semua toko emas mempraktekkan hal tersebut. Namun ada baiknya kita mengantisipasi.

Beberapa kawasan sentra toko emas di Jakarta yang bisa Anda coba sambangi adalah kawasan Melawai, kawasan Cikini dan ITC Cempaka Emas.

Demikian informasi mengenai tips menjual kembali emas perhiasan yang perlu Anda perhatikan.

Coba kita rangkum dan ulangi tips untuk menjual kembali emas perhiasan Anda:

  1. Ketahui harga pasaran emas perhiasan
  2. Coba tawarkan emas perhiasan ke sesama pengoleksi
  3. Coba tawarkan emas perhiasan ke beberapa toko emas
  4. Jika ingin menjual emas perhiasan ke toko emas, tidak perlu membawa nota pembelian

Semoga Anda puas dengan transaksi emas perhiasan Anda! 🙂

notes: artikel ini pertama dipublikasikan di Buybackemas.com

jual cepat emas antam

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)