Ingin Mengetahui Patokan Harga Emas? Begini Cara Menghitungnya

goldbars

Emas adalah logam mulia yang bisa digunakan sebagai investasi dan melindungi nilai harta dari inflasi. Emas juga bisa dipakai sebagai perhiasan. Untuk itulah emas menjadi komoditas jual beli yang berharga.

Dalam membeli emas, sebelumnya Anda harus memerhatikan tujuan pembelian tersebut. Apakah untuk investasi atau untuk dipakai? Jika untuk investasi, maka Anda harus membeli emas batangan atau koin.

Sedangkan jika untuk dipakai, maka Anda harus membeli emas perhiasan. Kedua jenis emas ini berbeda dari segi bentuk dan nilai tukarnya.

Terdapat beberapa tips dalam membeli emas:

1. Perhatikan kurs harga emas saat ini

Sebelum membeli emas, Anda bisa mengecek harga emas di pasaran terlebih dahulu.

Harga emas setiap harinya bisa dilihat melalui surat kabar, situs web pegadaian atau di situs lain, mengecek langsung ke toko emas, atau menghubungi perusahaan yang menjual emas, misalnya PT. Logam Mulia yang merupakan divisi dari PT. Antam Tbk (produsen emas di Indonesia).

2. Perhatikan keadaan emas yang akan Anda beli

Jika Anda ingin membeli emas perhiasan, Anda harus memastikan bahwa perhiasan yang Anda beli tidak cacat, berupa goresan, patahan, dan sebagainya.

3. Bertanyalah tentang kadar kemurnian emasnya

Kemurnian emas, atau biasa dikenal dengan karat, akan memengaruhi harga jual dan beli emas. Emas 24 karat tentunya yang paling baik.

Untuk emas perhiasan, hal ini memang penting untuk ditanyakan, karena emas yang dijadikan perhiasan biasanya sudah dicampur dengan logam lain.

4. Simpan nota pembelian emas

Nota pembelian dan sertifikat asli emas adalah salah satu syarat jual beli emas. Jika Anda ingin menjual kembali emas Anda tanpa sertifikat, maka harga emas tersebut akan berkurang.

Lalu bagaimana perhitungan harga emas di Indonesia? Patokan harga emas di Indonesia dipengaruhi oleh harga pasar emas dunia, seperti London, New York, dan Hongkong.

Untuk menghitung berapa harga emas di Indonesia dalam rupiah, dapat menggunakan rumus:

Harga emas dalam rupiah = ((Harga pada Kitco.com + 0,5 ) * Kurs) / 31,1035

Keterangan:

  • Kitco.com adalah harga emas di pasar London dan dapat dilihat di www.kitco.com yang merupakan harga riil pasar emas dunia.
  • Kurs di sini berarti kurs rupiah terhadap dolar. Nilainya bisa diperoleh dari Bank Indonesia melalui situs webnya. Kurs ini diambil dari kurs jual.
  • Sedangkan nilai 31,1035 merupakan harga emas dunia dalam satuan Troy Ounce (TO). 1 TO = 31,1035 gram
  • Rumus tersebut adalah patokan harga emas atas (maksimal). Maka bisa dikatakan harga pasaran emas hanya sebesar 97% dari hasil perhitungan tadi. Harga ini dilihat dari sisi penjual maka 97% tersebut merupakan harga beli.

Itulah cara mengetahui patokan harga emas. Semoga bermanfaat.

place your ads here

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)