Ingin Lebih Kaya di 2015? Coba Jawab Secara Serius 2 Pertanyaan Ini

Artikel ini dipublikasikan pada Senin pertama di bulan Januari 2015, hari kelima di tahun 2015. Saya tidak merayakan tahun baru, namun pergantian tahun bisa menjadi momen penanda terhadap sebuah rentang perjalanan.

Itulah kenapa banyak pihak yang mencanangkan goal/targetnya di tiap awal pergantian tahun. Bagi Anda yang sudah mencanangkan dan menuliskan hal besar apa yang ingin bisa diraih/diselesaikan di tahun 2015 ini, that’s good; karena penelitian menyebutkan target yang dituliskan relatif lebih besar peluang tercapainya dibandingkan yang cuma dikhayalkan dalam pikiran.

Bagi Anda yang masih galau mesti bagaimana di tahun 2015 ini, ya itu derita Anda, jangan tularkan ke saya (hehe). Ada baiknya Anda berhenti sejenak, luangkan waktu untuk berpikir rileks; impikan dan tuliskan apa yang ingin Anda capai di tahun 2015 ini. #doitnow

Bagi Anda yang punya target di tahun 2015 ini bisa lebih kaya (punya pemasukan yang lebih besar) dibandingkan pada tahun yang lalu, coba jawab secara serius 2 pertanyaan kontemplatif yang akan kita bahas di bawah ini. Yang tidak punya target lebih kaya di tahun 2015, ya jangan teruskan baca artikel ini. Oke?

Pertanyaan #1: Berapa rupiah target PEMASUKAN yang Anda harapkan setiap bulannya di tahun 2015 ini?

Cara pertama untuk bisa menjadi lebih kaya, tentu saja dengan memperbesar pemasukan. Lalu seberapa besar target pemasukan perbulan Anda dan diakumulasi selama 2015 ini? Berapa milyar? Atau berapa ratus juta rupiah?

Yang lebih penting lagi, apakah sudah ada blue print strategynya? Apa actions yang akan Anda lakukan secara tekun?

Jika semisal, rata-rata pemasukan Anda di tahun 2014 adalah 20jt/bulan, sah-sah saja di 2015 Anda mentargetkan rata-rata pemasukan menjadi 30jt/bulan alias 360jt dalam setahun. Kenaikannya 50%.

Sekali lagi sah-sah saja mentargetkan kenaikan 50%, meskipun ini adalah hal yang cukup menantang.

Baca kembali: 5 Alasan Mendasar Kenapa Kebanyakan Orang Tidak Menjadi Kaya Sampai Akhir Hayatnya

Langkah penting berikutnya, bagaimana strategi mendapatkan tambahan pemasukan 10jt/bulan dari yang biasanya 20jt/bulan menjadi 30jt/bulan.

Langkah baru apa yang akan Anda lakukan. Karena untuk mendapatkan sesuatu yang baru, kita mesti menemukan cara-cara baru.

Cara-cara lama tidak akan membawa Anda kepada hal baru. Cara lama hanya mampu membawa Anda pada 20jt/bulan. Untuk sampai 30jt/bulan, mesti ditemukan cara baru.

Coba jawab secara serius pertanyaan kontemplatif yang pertama ini.

Pertanyaan #2: Apa PENGORBANAN yang siap Anda lakukan untuk meraih semua itu secara rutin dalam 3-6 bulan kedepan?

Ok, Anda sudah menjawab secara serius pertanyaan #1. Sudah menuliskan berapa besar pemasukan yang ingin Anda raih di 2015. Sudah pula menentukan strategi beserta langkah-langkahnya.

Berikutnya seberapa besar pengorbanan yang siap Anda lakukan untuk mengeksekusi strategi dan action plan demi meraih target yang Anda tentukan sendiri.

Seberapa banyak waktu yang akan Anda alokasikan untuk mengeksekusi yang sudah Anda rencanakan?
Seberapa besar dana yang sanggup Anda siapkan untuk terus dikembangkan?
Seberapa serius Anda siap untuk menunda kesenangan?
Seberapa komitmen Anda untuk lebih banyak fokus pada actions dibandingkan habis waktu untuk mantengin smartphone?
Dlsb.

Baca juga: 5 Hal Yang Paling Menghalangi Kita dari Memulai Bisnis

Setiap perubahan ke arah yang lebih baik pasti menuntut pengorbanan yang layak, no pain no gain.

Untuk memancing ikan mujair, mungkin dengan umpan cacing sudah cukup. Cuma untuk memancing ikan tuna yang lebih besar, umpan cacing pasti tidak cukup, diperlukan umpan yang lebih besar.

So, selain menjawab secara serius seberapa level kaya yang ingin kita tingkatkan di tahun 2015 ini, jawaban serius mengenai seberapa besar pengorbanan yang bisa kita lakukan juga mesti disiapkan.

Jawaban serius dari pertanyaan #2 yang akan membedakan apakah Anda sekedar tengah bermimpi atau benar-benar sudah bangun dan siap mewujudkan impian.

Insanity: doing the same thing over and over again and expecting different results. – Albert Einstein

Semoga tahun 2015 menjadi tahun terbaik buat kita semua dibandingkan tahun-tahun sebelumnya!

notes: terima kasih dan doa untuk guru saya, pak Laksita Utama, yang telah mengenalkan 2 pertanyaan kontemplatif di atas.

place your ads here

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)