Business Moment Of The Year 2014 (part 2 – end)

2014

Editor notes: selama 3 akhir pekan terakhir di bulan Desember 2014 ini, Yodhia, yang juga merupakan kontributor artikel ODNV, menyajikan 3 serial kultwit akhir tahun: Business Moment of the Year 2014, Business Book of the Year 2014 dan Business Person of the Year 2014. Silahkan follow dan stalk akun twitternya @Strategi_Bisnis untuk bisa berinteraksi secara langsung.

Di bawah ini adalah sambungan dari kultweet Business Moment Of The Year 2014 yang bagian pertamanya bisa Anda baca di artikel ini.

#Mulai

Pagi ini kita kembali menyapa anda dg serial kultuit spesial akhir tahun. Pagi ini temanya masih ttg Business Moment of the Year 2014.

Apakah momen bisnis paling bersejarah di tahun 2014, yg layak dipilih sbg Business Moment of the Year 2014? #BusinessMoment2014

Kemarin kita sdh ulas kandidat pertamanya, yakni ttg peristiwa kejatuhan bisnis grup Cipaganti (terjadi pd juni 2014). #BusinessMoment2014

Jika kandidat 1 adlh ttg kisah tragis kegagalan bisnis, maka kandidat yg ke2 ini adlh cerita ttg kegemilangan bisnis. #BusinessMoment2014

Apakah momen bisnis yg kedua itu? Dan kenapa momen itu layak dipilih sbg kandidat Business Moment of the Year 2014? #BusinessMoment2014

Kandidat kedua ini tak lain tak bukan adlh peristiwa pendanaan Rp 1,2 triliun kpd online marketplace Tokopedia (pd oktober 2014).

Spt yg kita ketahui, oktober lalu tokopedia mendpt suntikan modal Rp 1,2 triliun dari softbank/sequoia capital. #BusinessMoment2014

Sequoia adlh salah satu lembaga pendanaan ternama dunia, yg telah ikut melahirkan Google dan Apple. #BusinessMoment2014

Tak pelak, peristiwa pendanaan dg angka fantastis Rp 1,2 T ke Tokpedia itu merupkan momen paling historis dlm sejarah ecommerce Indonesia.

Tokopedia dibangun dari impian anak muda bernama william tanuwijaya, mantan karyawan IT dg gaji alakadarnya. #BusinessMoment2014

Lahir persis di Hari Proklamasi 2009, tokopedia kini menjelma menjadi salah satu online marketplace terbesar di tanah air.

Pendanaan senilai 1,2T kpd Tokopedia adlh simbolisasi dari kian menjulangnya jagat maya Indonesia. #BusinessMoment2014

Btw, tokopedia ini suka disingkat jadi toped. Agak risih sik. Ucapannya jadi mirip bokep or toket. Branding value jd agak tergerus 🙂

Investasi 1,2 T ke Tokopedia menghadirkan pesan : ledakan kelas konsumer online Indonesia akan bersifat masif hingga puluhan tahun ke depan.

The explosion of mobile commerce dan digitalnomics akan kian bergemuruh gemanya. #BusinessMoment2014

Peristiwa historis ini diharakan jg bisa memunculkan fenomena “tokopedia effect” : memicu quantum leap industri online di tanah air.

Faktanya, volume transaksi ecommerce indonesia sdh tembus Rp 120 triliun. Angka yg lumayan impresif. #BusinessMoment2014

Namun ingat : volume online business yg tembus Rp 120 triliun ini masih hanya 1% saja (!) dari total offline business Indonesia.

Apa maknanya? Angka online business yg baru 1% dari total bisnis itu membuka ruang pertumbuhan yg amat eksplosif.

Kalau porsi 1% online business itu bisa tumbuh hanya menjadi 10% saja, maka volume ecommerce indonesia bisa tembus ribuan triliun.

Angka2 itu yg kami yakin, membuat softbank mau mendanai Tokopedia hingga 1,2 triliun. Sebb potensi bisnisnya : ribuan triliun.

Dlm 5 tahun ke depan volume online bisnis yg 1% itu mestinya bisa meningkat hingga 10% (10 kali lipat). #BusinessMoment2014

Ini yg disebut quantum leap of digitalnomics. Dan harapannya : anda juga ikut menjd bagian dari quantum leap itu. Bukan bengong melulu.

Pd sisi lain, kisah Tokopedia ini mmberi validasi : impian bisnis yg diperjuangkn dg spenuh hati bisa mnghasilkan prstasi yg mnggetarkan.

Kalau saja william taniwijaya masih bertahan sbg karyawan IT dg gaji alakadarnya, mungkn butuh 800 tahun untk mendpt dana 1,2 triliun.

The explosion of digitalnomics memang harus dijemput oleh barisan anak2 muda visioner, kompeten dan punya nyali kreativitas.

Demikianlah, dua kandidat momen bisnis paling bersejarah di sepanjang 2014, di tanah air. #BusinessMoment2014

Dua kandidat momen itu dinominasikan krn persis merepresentasikan wajah otentik dunia bisnis : profit and loss adlh dua senyawa yg bersatu.

Dua momen itu mwakili dinamika bisnis scara utuh : tragedi dan selebrasi. Tangis dan senyuman. Duka yg perih dan tawa kegembiraan.

Kita bisa belajar ttg pentingnya mengelola ambisi dan risiko bisnis dari kisah sendu kegagalan cipaganti. #BusinessMoment2014

Kita jg bisa belajar ttg tekad mewujudkan impian bisnis dari kegigihan dan kisah kegemilangan Tokopedia. #BusinessMoment2014

Ada duka lirih dibalik poster cipaganti ini. #businessMoment2014

Ada selebrasi dan tawa dibalik tampilan tokopedia ini. #businessMoment2014

Atas beragam pertimbangan, kami memilih Peristiwa Pendanaan 1,2 T ke Tokopedia sbg BUSINESS MOMENT of the YEAR 2014.

#end #BusinessMomentofTheYear2014

place your ads here

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)