Berinvestasi Emas Dengan Dana Hutang, Bagaimana Bijaknya?

Dalam sebuah kesempatan berdiskusi, seorang pelanggan Outlet Dinar ODNV menanyakan kalau berinvestasi emas dengan dana hutang, kira-kira bagaimana? Semisal margin hutangnya adalah 10%/tahun dan lama hutang 5 tahun dan dari dana hutang tadi semuanya dibelikan emas, menguntungkan atau tidak?

Ini pertanyaan menarik, semenarik jawabannya pasti. Sekilas dengan melihat history kenaikan emas yang bisa 20%/tahun, menggunakan dana hutang dengan marjin yang 10% ini bisa menguntungkan. Namun bagaimana bijaknya?

Sebelum kita bicara mengenai bijaknya, mari coba kita detilkan kalkulasinya dengan beberapa asumsi:

Selama kenaikan emas bisa terjaga di angka 20% per tahun, maka insya Allah rencana investasi emas dengan memanfaatkan dana hutang ini akan menguntungkan.

Namun tentu saja ada beberapa faktor lain yang perlu kita pertimbangkan agar bijak dengan rencana ini.

Investasi dengan berhutang bukanlah sesuatu yang dianjurkan karena semestinya investasi adalah pengelolaan dana lebih kita agar tetap terjaga nilainya dan syukur-syukur bertambah.

Sejauh mungkin hindari riba dalam hutang, ini yang paling utama dan mesti diutamakan.

Sebaiknya Anda punya alasan kuat kenapa mesti berinvestasi dengan dana hutang. Dalam kasus pelanggan kami di atas, dia menyatakan kalau selama ini dia kesulitan untuk menabung dan memaksa diri untuk berhutang sehingga bisa disiplin membayar cicilan.

Perhatikan cash flow Anda. Semestinya investasi itu menghasilkan cash in, namun karena investasi ini ditopang dengan hutang, tentu saja yang terjadi adalah cash out; pengeluaran bulanan Anda jadi bertambah untuk membayar cicilan.

Yang patut juga diingat adalah kenaikan harga emas tidak selalu 20% per tahun, kadang lebih, pernah juga tidak sampai 20%.

Mari bijak dalam berinvestasi.

place your ads here

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)