ODNV


Berapakah Rata-rata Kenaikan Harga Emas Per Tahun?

by . in Blog .

Berapakah rata-rata kenaikan harga emas per tahun? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh banyak orang, khususnya bagi yang baru mengenal investasi emas.

Jika menyimak history, maka emas bukanlah media investasi yang bagus untuk jangka pendek (kurang dari 1 tahun), namun untuk investasi jangka panjang (lebih dari 2 tahun), maka emas bisa dijadikan andalan.

Berikut ini adalah chart performa harga emas dunia yang kami ambilkan dari Kitco. Dengan melihat chart ini, Anda bisa mengkalkulasi sendiri berapa rata-rata kenaikan harga emas.

Harga Emas selama tahun 2006


Harga Emas selama tahun 2007


Harga Emas selama tahun 2008


Harga Emas selama tahun 2009


Harga Emas selama tahun 2010

Dan untuk memberikan Anda gambaran yang lebih utuh terkait performa harga emas dalam rentang waktu yang panjang, maka di bawah ini kami sajikan grafik performa harga emas selama 10 tahun.

Harga Emas 2000 - 2011

Dengan melihat grafik terakhir, kita bisa menghitung bahwa harga emas telah mengalami kenaikan tidak kurang dari 400%, dari 275 menjadi 1428. Ini adalah gambaran history, untuk kedepannya wallahu’alam.

Semoga kita bijak membuat pilihan.

Tags:

Adhika Dirgantara

About the author: Adhika Dirgantara adalah founder ODNV yang saat ini tengah fokus mengembangkan Buybackemas.com. Kunjungi blognya untuk berbagi ide dan inspirasi. Kenali lebih lanjut dengan terhubung di Google+.