Beginilah Harga Emas Internasional Dibentuk dan Ditentukan

Harga Emas Internasional

Dalam jual beli emas, mengetahui patokan harga emas menjadi sangat penting. Harga emas di Indonesia mengikuti standar harga emas di pasar emas internasional, dan disepakati sebagai harga emas dunia. Setiap hari banyak orang yang memeriksa dan mengikuti harga emas.

Proses penentuan harga emas dunia mengacu pada permintaan dan penawaran, seperti halnya komoditas dan aset lainnya. Khusus untuk emas, ada beberapa perbedaan. Harga emas internasional yang paling sering digunakan di pasar emas yaitu harga emas tetap (gold fix) dan harga emas spot (spot price).

Harga Gold Fix

Harga emas tetap, atau disebut juga dengan London Fix, ditetapkan setiap hari pada pukul 10.30 GMT (ini untuk London Gold AM Fix) dan pada pukul 15.00 GMT (untuk London Gold PM Fix). Gold fix didasarkan pada patokan harga emas di pasar emas London, tempat sebagian besar transaksi perdagangan emas dunia terjadi.

Harga Gold Fix ditentukan oleh sebuah lembaga bernama London Buillion Market Association (LBMA) yang merupakan asosiasi perdagangan yang meliputi lebih dari 100 bank terbesar di dunia, lembaga keuangan, dan stakeholder logam mulia. Lembaga ini bertugas mendefinisikan standar emas dan perak, menentukan bagaimana praktik perdagangan yang baik, dan menentukan standar dokumentasi, yang semuanya berperan penting dalam penentuan harga emas.

LBMA terdiri dari lima perusahaan yang berfungsi sebagai penentu pasar. Mereka juga memiliki dua sambungan konferensi setiap hari untuk menyepakati harga. Lima perusahaan ini tidak hanya mewakili dirinya sendiri, namun juga anggota yang lain. Lima perusahaan ini memberikan respon terhadap harga awal yang disarankan. Respon ini didasarkan pada order yang mereka miliki. Mereka berkonsultasi dengan klien sebelum menerima harga emas yang diusulkan dan tentunya juga didasarkan pada kepentingan mereka sendiri.

Setelah negosiasi, harga gold fix ditetapkan dalam satuan US Dollar, Euro, dan Poundsterling Inggris. Harga ini yang disepakati hampir di seluruh dunia. Pasar New York, Dubai, Hongkong, dan yang lain memiliki perhitungan sendiri, namun jarang digunakan di luar pasar lokal.

Harga Spot

Harga spot adalah harga emas yang paling banyak digunakan. Harga spot merupakan harga emas real time yang diperbarui setiap saat. Harga spot inilah yang dipublikasikan di situs-situs web penjual emas dan menjadi dasar untuk menentukan harga di toko emas lokal. Gold fix berperan sebagai dasar untuk menentukan harga spot, namun harga spot sifatnya fluktuatif sepanjang hari, tergantung perkembangan dan reaksi pasar terhadap harga gold fix yang diumumkan pada 10.30 GMT dan 15.00 GMT.

Pasar Emas Berjangka dan Penentuan Harga Emas Dunia

Sebesar 80% dari volume permintaan dan penawaran emas terjadi di pasar emas London, namun transaksi ini tidak menjadi mayoritas dalam penentuan harga. Pasar emas berjangkalah yang secara aktif menentukan harga emas. Harga inilah yang digunakan ketika kita ingin melakukan pembelian.

Trader di pasar emas berjangka di seluruh dunia akan menjadi yang pertama beraksi terhadap perkembangan harga emas internasional. Reaksi inilah yang membentuk harga spot. Reaksi ini berlangsung dalam waktu singkat setelah harga diumumkan di London dan berlangsung selama 24 jam.

Maka bisa dikatakan, tidak ada tempat dominan di mana harga emas berasal. Walaupun ada perbedaan, itu pun hanya sedikit dan perubahan selalu terjadi setiap saat setiap harinya.

jual cepat emas antam

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)