Begini Cara Merintis Kekayaan, Nasehat Khusus Bagi Anda Yang Masih Muda

business team with young entrepreneur

Dahulu, menjadi seorang jutawan biasanya selalu di capai oleh orang-orang yang sudah berumur atau tua. Tapi kini banyak sekali kita mendengar anak-anak muda yang sukses dan berhasil membangun bisnisnya di usia yang masih relatif muda.

Apa rahasianya? Karena mereka bisa meniru kesuksesan orang-orang yang sudah tua di waktu muda, Simple bukan?

Kelebihan dan peluang yang di miliki oleh anak muda jaman sekarang itu lebih besar. Salah satu yang memberi andil untuk perubahan itu adalah Internet.

Kenapa seperti itu? Jaman sekarang informasi dan pengetahuan bisa di akses dengan lebih mudah, bahkan ada yang mengatakan dunia kini ada dalam genggaman. Itu karena begitu mudahnya kita melakukan hal apapun dengan internet.

Dan ini adalah salah satu keuntungan mereka dibandingkan dengan generasi sebelumnya, tetapi bagaimana tepatnya mereka melakukannya?

Nah, ada banyak faktor dan banyak pendekatan yang berbeda. Kita akan membahas beberapa pendekatan dan praktek kehidupan yang baik yang dapat membantu Anda, wahai pemuda/pemudi, untuk mencapai tujuan kehidupan keuangan.

1. Jaringan Membantu

Jangan salah mengartikan ungkapan ini. Ini bukan untuk mengatakan Anda harus banyak bersosialisasi dengan orang-orang kaya, tetapi Anda harus mumpunyai jaringan dengan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dengan Anda.

Berjejaring dengan orang-orang dengan visi yang sama, itu akan lebih memotivasi diri Anda untuk bisa terus berada pada jalur yang Anda buat untuk mencapai tujuan yang ingin Anda capai.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk terhubung dengan orang-orang yang ada di sekitar Anda, baik melalui dunia maya atau melalui interaksi langsung didunia nyata.

Anda jangan memutus silaturahmi dengan teman sekolah, rekan kerja dan mitra bisnis. Berusahalah untuk tetap menjaga hubungan profesional yang dipelihara dengan sebagian besar dari mereka.

2. Melawan Naluri Konsumtif

Arus konsumerisme melanda negara-negara berkembang seperti Indonesia dan mengkondisikan masyarakatnya terutama kaum muda untuk hidup boros. Oleh karena itu, saatnya mengobarkan perang melawan konsumerisme.

Perang di sini diartikan dengan sikap kritis terhadap praktik konsumtif selama ini, komitmen untuk tidak hidup boros, melakukan skala prioritas kebutuhan, tidak hanyut oleh iming-iming iklan, dan meningkatkan produktivitas sendiri.

Pengiklan menghabiskan milyaran rupiah untuk biaya pemasaran dan meningkatkan penjualan produknya, dan kita menghabiskan hampir sebagian besar pendapatan untuk memenuhi gaya hidup kita. Dua hal yang sama dengan hasil yang jelas berbeda.

3. Simpan Untuk Investasi

Mungkin tidak sedikit yang beranggapan bahwa menyiapkan uang untuk masa depan dan menjadi kaya cukup dengan menyimpannya di tabungan. Ini memang kebiasaan baik yang harus dilakukan secara berkelanjutan.

Namun bila dikaitkan dengan keadaan sekarang, kondisinya telah berbeda. Menyimpan dana di tabungan memiliki return yang kecil bahkan lebih kecil di banding inflasi.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk melawan inflasi ? .

Menyimpan untuk berinvestasi adalah satu-satunya hal yang benar-benar masuk akal yang bisa Anda lakukan. Ada banyak investasi yang ada; mulai dari emas batangan, deposito dan properti.

Silahkan pelajari semua investasi tersebut dan pilih yang memiliki resiko yang seminimal mungkin dan dapat mendapatkan keuntungan yang maximal. Karena investasi bukan hanya menyimpan dana yang Anda memiliki, namun juga bisa melindungi aset Anda agar tidak tergerus jahatnya inflasi.

4. Pilih Karir Anda dengan Bijaksana

Kebanyakan dari kita sekarang ini, ketika mencari pekerjaan ada beberapa pertimbangan yang menjadi bahan pengambilan keputusan: keinginan pribadi, penelitian dan nasihat dari orang-orang yang Anda percaya.

Hal ini membuat pilihan yang sedikit rumit tentang pilihan pekerjaan yang akan kita ambil. Tapi generasi sekarang menyadari bahwa, Anda bisa mendapatkan uang dan gairah, jika ada informasi yang benar dan menghindari menghandalkan rumor yang berkembang di masyarakat.

Sebagai contoh ketika banyak orang yang berusaha sekuat tenaga untuk masuk menjadi pegawai negri sipil (PNS) di pemerintahan. Karena informasi yang Anda yakini bahwa banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan, selain dari gaji yang lumayan fantastis, berbagai tunjangan dan dana pensiun yang di jamin oleh negara sampai masa tua nanti.

Namun Anda harus mempelajari informasi itu, apakah prospek itu benar-benar baik untuk Anda atau malah membuat masa muda Anda kehilangan gairah kreatifitas karena hanya mengedepankan emosi yang mengambil alih diri anda.

5. Teliti Orang yang telah berhasil Melakukannya

Seperti kita telah disebutkan, ada banyak orang yang berhasil menjadi miliarder di masa muda mereka, dan bahkan menjadi miliarder.

Cerita Mark Zuckerberg mungkin yang paling banyak dikenal sejak jaringan sosialnya, Facebook, telah punya dampak yang luar biasa pada kehidupan orang-orang di seluruh planet ini. Hari ini ia adalah salah satu orang terkaya di dunia dengan perkiraan 20 miliar dollar kekayaan bersih dan kisahnya bahkan telah diabadikan dalam film “The Social Network”.

Cerita Zuckerberg adalah salah satu dari banyak kisah sukses dari orang-orang muda. Penelitian mereka dan buah pikiran mereka digunakan untuk mendapatkan tempat dimata masyarakat seperti sekarang. Apa yang mengilhami mereka untuk mendapatkan ide-ide yang mereka punya, dan bagaimana mereka mendekati tugas besar ini.

Kreativitas dan inspirasi adalah dua sekutu terbaik yang dapat Anda miliki dalam lingkungan bisnis dan itu akan membantu Anda tetap termotivasi ketika Anda mengalami masa-masa sulit.

6. Tujuan akan Mendorong Anda Maju

Tuliskan apa yang Anda kerjakan dan apa yang ingin Anda capai dalam kehidupan Anda. Apa tujuan usaha Anda, dan apa yang lebih Anda sukai untuk dikerjakan terlebih dahulu dalam membangun masa depan Anda?

Menentukan tujuan akan membantu Anda untuk memilih medan mana yang akan anda arungi. Anda akan mengetahui kemana Anda seharusnya mengerahkan tenaga agar tujuan Anda berjalan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Dan yang paling penting tujuan yang Anda buat itu untuk menjadikan Anda tidak jalan di tempat, tapi bergerak maju walaupun bersusah payah dan bergerak lamban.

7. Internet adalah Emas

Saya yakin bahwa kebanyakan anak muda saat ini menyadari seberapa besar peran internet dalam kehidupan mereka. Pertumbuhannya jauh melebihi dari apa yang mereka bayangkan sebelumnya.

Banyak celah yang bisa anda gunakan dalam menumbuhkan bisnis yang anda jalankan. Menurut penelitian saat ini hampir 60% peduduk indonesia adalah pengguna internet dan itu menjadi lahan bisnis menjanjikan yang bisa Anda manfaatkan.

Internet bisa Anda manfaatkan dalam membuka jaringan, pemasaran, peluang bisnis, pendanaan, riset pasar, penelitian kompetisi dan masih banyak lagi hal-hal lainya yang bisa anda dapatkan.

Banyak orang yang bekerja keras dalam lingkungan dunia maya tanpa pernah perlu untuk meningkatkan usahanya dalam “dunia nyata”.

Setelah Anda menentukan tujuan yang tercantum di poin sebelumnya, langkah selanjutnya Anda harus berusaha untuk mencapai tujuan tersebut. Jika anda mengamati pengusaha muda yang sukses. Mereka rela bekerja 10-12 jam sehari atau bahkan lebih dari itu dan mereka lakukan itu dengan senang hati.

Karena mereka mempunyai keteguhan, keinginan yang kuat untuk mencapai tujuanya. Masa muda adalah keuntungan tersendiri bagi mereka karena mereka belum mempunyai tanggung jawab yang lebih seperti orang tua.

Gunakanlah masa muda Anda untuk membuktikan diri dan mendapatkan hasil yang Anda butuhkan untuk kemajuan.

9. Jadikan Jiwa Muda Anda sebagai Keunggulan

Banyak sekali kasus dalam dunia bisnis ataupun oraganisasi yang memandang sinis terhadap keberadaan anak muda, mereka selalu memandang bahwa anak muda belum banyak pengalaman dan orang tua jauh lebih siap dan lebih bisa mengambil keputusan.

Mereka tidak menyadari bahwa banyak hal yang bisa anak muda lakukan di usia muda, banyak sekali ide-ide brilyan yang di hasilkan, buah dari pemikiran anak-anak muda. Ada banyak hal yang dapat dilakukan melebihi dari apa yang di kerjakan orang tua, salah satunya adalah memiliki bakat besar untuk beradaptasi dan belajar hal-hal baru.

10. Rasa Takut adalah Musuh

Ada banyak hal yang dapat merusak kesempatan Anda untuk bisa kaya di saat usia muda. Ada rasa takut untuk mencoba, bahkan alasan umum yang sering kita dengar adalah ungkapan “Aku terlau muda” dan ini adalah ungkapan yang terburuk dari mereka semua.

Hanya karena Anda muda, bukan berarti bahwa Anda tidak punya ide bisnis yang besar, padahal banyak orang yang telah membuktikan ini.

Gunakanlah rasa takut Anda hanya sebagai tanda untuk berhati-hati, tetapi jangan gunakan rasa takut itu menjadikan Anda jauh dari peluang yang di timbulkan oleh ketakutan irasional.

Pemuda penuh potensi dan ia adalah modal untuk perubahan. Orang-orang muda adalah akar dari ide-ide revolusioner yang dapat merubah dunia. Dan anda jangan pernah membiarkan diri Anda percaya bahwa Anda tidak mempunyai potensi untuk mencapai sesuatu.

Salam sukses wahai pemuda!

place your ads here

2 Responses

  1. Jaya 2 years ago
  2. Ide Usaha 2 years ago

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)