Bebas Dari 3 Belenggu, Nasehat Oom Bob Yang Perlu Kita Ingat

bob_sadino_2

Bob Sadino adalah sosok entrepreneur yang unik, minimal ini yang tampak di mata publik. Jalan pikiran, jalan hidup dan nasehatnya begitu menginspirasi banyak orang, khususnya pada kalangan entrepreneur yang lebih muda; nylekit, tapi memang begitulah adanya.

Usia oom Bob memang sudah sepuh, lahir 1939, belakangan kesehatannya juga terus memburuk, namun ketika kabar berpulangnya oom Bob berhembus kemarin petang (Senin, 19 Januari 2015), berbagai kalangan tetap merasa berduka dan kehilangan.

Saya dan oom Bob tidak saling mengenal secara pribadi. Kita hanya sering berjumpa dalam berbagai event; kadangkala saya murni menjadi audience, kadangkala saya menjadi panitia penyelenggaranya.

Terlepas dari ‘kontroversinya’, nasehat-nasehat oom Bob memang mudah melekat dan menohok; makjleb bikin kita tak bisa mengelak. Salah satu nasehat oom Bob yang perlu kita ingat adalah mengenai bebas dari 3 belenggu.

Menurut oom Bob, ada 3 belenggu yang bisa menghambat kita:

#1 Belenggu rasa takut. Rasa takut adalah belenggu yang sangat kuat mencengkeram kita, hampir-hampir membuat kita tak berdaya untuk melangkah. Langkah kita bisa terhenti karena berbagai rasa ketakutan; takut gagal, takut miskin, takut bangkrut, takut ditipu, takut ditolak, dlsb. Ini faktor penghambat yang sangat kuat dan harus disingkirkan.

#2 Belenggu harapan. Tak bisa dipungkiri, seringkali kita terlalu tinggi berharap. Alih-alih bisa menjadi motivasi, terlalu banyak berharap bisa malah menjadi belenggu bagi diri sendiri. Berharap yang terlalu banyak dan kemudian tidak tercapai hanya akan membuat frustasi dan meredupkan nyala api optimisme. Dengan ‘membebaskan diri’ dari harapan, maka kita akan bebas dari kekecewaan.

#3 Belenggu jalan pikiran. Ini yang sering menghinggapi ‘anak sekolahan’ yang terbelenggu oleh jalan pikirannya sendiri, sementara realitas di lapangan bisa sangat jauh dari teori yang pernah di pelajari atau prasangka yang kita timbulkan sendiri. Bebaskan diri kita dari belenggu jalan pikiran dan mulailah melangkah.

Semoga kita bisa mengambil inspirasi dari salah satu nasehat oom Bob ini.

Terima kasih oom Bob Sadino atas segenap ilmu dan inspirasinya; selamat berpulang, semoga khusnul khotimah, semoga Allah SWT lapangkan jalanmu. Amiin.

notes: gambar diambil dari sini.

place your ads here

One Response

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)