Baru Memulai Bisnis? Simak 5 Strategi Bisnis Untuk Pemula Ini

strategi_bisnis_

Rasanya seluruh orang sepakat: memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Meski begitu, bukan berarti tak layak dicoba. Sebagian besar dari kita tentu pernah mendengar beragam cerita tentang pebisnis sukses—yang tidak diingkari, pasti pernah berada pada masa-masa suram mereka.

Nah, bagi kamu—si pemula—yang ingin mengikuti jejak kesuksesan mereka, berikut lima strategi bisnis yang bisa kamu jadikan inspirasi.

#1. Merencanakan Bisnis

Temukan dan rencanakan spesialisasi bidang bisnis, berikut langkah-langkah pengembangannya. Bila perlu, kamu pun bisa “banting setir”—apalagi mengingat banyak bisnis yang sukses karena mengubah “rute” mereka.

Di sini, penting untuk tidak tergoda untuk mengambil seluruh peluang bisnis yang ada. Selain bisa mengacaukan fokusmu—melakukan beragam jenis bisnis pada saat yang sama juga membutuhkan banyak sumber daya.

Jangan lupa pula untuk tetap memprioritaskan kosumen. Pasalnya, sebaik apapun produk dan konsep bisnismu, tak akan berguna jika tak sesuai dengan keinginan konsumen. Karenanya, sebelum meluncurkan produk, kamu harus mengenali terlebih dahulu karakter serta kebutuhan konsumen—dan terus menjaga hubungan baik dengan mereka.

Harus diingat, tidak pernah ada alasan untuk tidak memulai bisnis. Seorang entrepreneur yang unggul—selalu tahu bagaimana cara untuk merencanakan, mengelola, dan berinvestasi dengan hal-hal yang ia punya.

Sekarang, apakah kamu, salah satu dari mereka?

#2. Terus Belajar dan Lakukan Pengujian

Ide bisnismu mungkin terlihat begitu mempesona, namun jangan heran—bila setelah diuji hasilnya ternyata gagal. Karenanya, penting diingat, sebelum kamu menghabiskan uang dan waktu untuk memasarkan sebuah produk—ada baiknya untuk terlebih dulu mengujinya.

#3. Langsung Tes Pasar

Banyak ide bisnis hebat yang berujung pada kegagalan—karena terlalu lama direalisasikan. Karenanya, alih-alih menghabiskan waktu, tenaga, maupun uang untuk menimbang/mengembangkan ide dan fitur bisnis—ada baiknya kamu langsung mengembangkan produk, meluncurkannya ke pasar, lalu amati, bagaimana konsumen meresponsnya.

#4. Cermat Mengelola Uang

Jangan terlalu banyak menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Perhitungkan berapa banyak uang yang kamu butuhkan—berikut cara mendapatkannya. Hal ini penting sebagai tuntunanmu dalam menginvestasikan uang.

Ketahui berapa banyak uang yang kamu butuhkan dalam sebuah pengembangan bisnis, mulai dari sewa toko, listrik, pajak, asuransi, dan lain sebagainya. Dari daftar tersebut, jangan lupa pula untuk menentukan jumlah pendapatan minimum yang kamu butuhkan.

#5. Perluas Jaringan Bisnis

Dalam sebuah bisnis, kesuksesan bergantung pada siapa orang yang mengenalmu dan kamu kenal. Kamu bisa memperlebar jaringan dengan mengikuti forum, komunitas, dan kegiatan lainnya—untuk memperluas jaringan bisnis. Siapa tahu, dari orang-orang yang kamu kenal, juga mengenalmu, ada peluang bisnis terselip di sana.

Itulah lima strategi bisnis untuk pemula yang bisa kamu jadikan inspirasi. Sebagai langkah lanjut, kamu juga bisa melihat dan mencari contoh sukses dari orang lain—dan mempelajarinya.

Jangan pantang menyerah, sebab memulai sebuah bisnis adalah sebuah langkah pembelajaran. Dalam prosesnya, terkadang kamu memang harus jatuh dan gagal terlebih dulu, sebelum akhirnya sukses.

jual cepat emas antam

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)