Bagaimana Para Ahli Mengalokasikan Harta Mereka di Tahun 2014?

Jelang akhir tahun 2013 lalu, kitco mewawancarai beberapa expert (ahli, red) dan menjadikan sebagai bagian dari analisa outlook 2014.

Setiap ahli ditanya bagaimana mereka akan berinvestasi (jika memiliki) $ 10.000 pada tahun 2014 dan apa yang mereka benar-benar akan hindari! Para ahli ini juga diminta untuk memadukan saran investasi terbaik yang pernah mereka terima.

Mari kita simak pelajaran berharga dari 3 ahli yang kami anggap cukup relevan dari beberapa ahli yang telah diwawancarai. Simak baik-baik.

1. Jim Rickards (Penulis National Best Seller Book “Currency Wars”)

Bagaimana Anda akan berinvestasi $ 10.000 pada tahun 2014?
20% Emas
20% Real estate (Properti)
20% Cash
20% Karya Seni (Fine Art)
20% Hedge funds

Di mana Anda akan menghindari menempatkan uang Anda pada tahun 2014?
“Saya akan mencoba untuk menghindari ekuitas dengan pengecualian perusahaan yang memiliki aset keras seperti energi, pertanian, transportasi,” kata Rickards. Dengan banyak ‘hype’ di sekitar saham perusahaan internet akhir-akhir ini, Rickards memiliki satu pesan sederhana bagi para investor: “Aku akan menjauhkan diri dari [mereka],” katanya.

Apa nasihat investasi terbaik yang pernah Anda terima?
Rickards berbagi 2 buah nasihat investasi yang ia terima dari Profesor MIT (Massachusetts Institute of Technology) Andy Lo dan Bruce Kovner, Pendiri Caxton Associates. β€œAndy Lo memberitahuku hari ini adalah alpha dan esok hari adalah beta. Bruce Kovner memberikan nasihat ‘entry and exit points’ adalah sama pentingnya dengan mendapatkan tesis investasi yang tepat,” ungkapnya.

“Saya seorang ‘Gold Bull’, saya merekomendasikan emas, saya memiliki emas sebagai portofolio […] namun tidak akan menyenangkan membeli emas di angka $1.900 per ounce,” kata Rickards saat ia menjelaskan kata-kata Kovner itu. “Saya tidak mengatakan bahwa orang-orang meraih ‘entry and exit points’ tetapi Anda perlu berpikir banyak tentang ‘entry and exit points’ sebanyak yang Anda lakukan tentang tesis investasi Anda.”

2. Robert Kiyosaki (Penulis Worldwide Best Seller Book “Rich Dad’s Poor Dad”)

Anda pasti seringkali mendengar nama Robert Kiyosaki ini. Berikut paparannya:

Ajaran Rich Dad’s dan filsafat yang berkaitan dengan investasi adalah didasarkan pada pendidikan finansial. Pelajarilah tentang kendaraan investasi yang berbeda dan kelas aset. Jadilah penasihat terbaik bagi diri Anda sendiri dari segi tempat terbaik untuk menaruh uang Anda.

Anda akan percaya diri untuk memutuskan tentang apa yang terbaik untuk Anda setelah Anda mendapatkan pengetahuan (dan pengalaman) tersebut.

Melihat ke depan untuk tahun 2014, ini adalah bagaimana saya akan mengalokasikan uang saya:

Bagaimana Anda akan berinvestasi $ 10.000 pada tahun 2014?
Saham 5%
Real Estates 40%
Logam Mulia 25%
Minyak 20%
Cash 10%

Dengan (melihat keadaan) harga emas dan perak yang turun, saya akan menempatkan porsi yang lebih besar dalam emas fisik dan perak. Ketika pasar saham turun, semua akan panik, emas dan perak yang akan cenderung menyentuh angka tertinggi baru.

Di mana Anda akan menghindari menempatkan uang Anda pada tahun 2014?
“Saya pasti akan menghindari aset kertas seperti saham, obligasi, reksa dana, dan ETF (Exchange-Traded Fund) dan alasannya adalah ini semua adalah aset kertas, bukan aset riil.

Pikirkanlah kisah Three Little Pigs: Babi pertama membangun rumahnya dari jerami, babi kedua membangun rumahnya dari tongkat, dan babi ketiga membangun rumahnya dari batu bata.

Babi pertama mewakili “Si Miskin”. Orang miskin membangun rumah mereka dari kertas mereka bekerja keras untuk kas, dan menyimpan uang tunai. Strategi mereka adalah untuk bekerja keras, hidup di bawah kemampuan mereka, dan hanya menyimpan uang.

Ketika serigala jahat muncul, terengah-engah, babi pertama ini adalah makanan bagi serigala tersebut.

Babi kedua merupakan kelas menengah. Mereka membangun rumah-rumah mereka dari ilusi, percaya pada keamanan kerja, benefits, memiliki rumah mereka sendiri, menghemat uang, dan berinvestasi guna persiapan pensiun, penuh dengan basis saham, obligasi, reksa dana, dan ETF.

Ketika serigala jahat, juga dikenal sebagai “Next Recession” (resesi baru) atau “New Depression” (depresi baru), yang datang kira-kira antara 2015 dan 2035, babi ini juga akan menjadi makanan bagi serigala.

Babi ketiga membangun rumahnya dari aset berwujud (riil). Babi ini adalah pengusaha dan investor profesional yang belajar dan berinvestasi untuk masa depan mereka sendiri, investasi dalam aset riil, bukan aset kertas.

Ketika serigala jahat datang, di kurun waktu 20 tahun antara 2015 dan 2035, mereka yang telah membangun rumah “batu bata” ini akan mendapati keadaan yang lebih kokoh (kaya). Mereka menjadi kaya karena rumah mereka dibangun dengan batu bata, investasi dalam aset berwujud seperti real estate, emas, perak, minyak, makanan, dan bisnis (riil) yang mereka kontrol.

Daripada menyimpan uang, mereka menyimpan emas dan perak. Jika Anda harus berinvestasi dalam kertas, belajar untuk menjadi option trader. Kemudian Anda akan tahu bagaimana mendapatkan uang dari pasar yang naik dan turun.

Saya sangat prihatin dengan jutaan baby boomer yang mengandalkan pasar saham untuk membuat mereka aman, sehat dan pensiun panjang. Saya takut baby boomer yang mengandalkan pasar saham berada dalam kesulitan. Ketika serigala jahat memikul pada portofolio mereka yang terbuat dari kertas, sang serigala akan memiliki sebuah pesta besar.

Saya lebih suka membangun rumah bata – emas, perak, minyak, makanan dan bisnis aset – yang tidak berwujud kertas.

Saran investasi siapa yang Anda ikuti?
“Ini adalah sebuah pertanyaan besar, dan pertanyaan yang sangat penting. Menurut pendapat saya, itu sangat penting bagi orang untuk mencari guru-guru terbaik dan penasehat. Jika Anda memiliki guru yang buruk dan penasehat miskin, hidup Anda akan menjadi salah satu rasa sakit dan perjuangan. Berpikirlah seperti ini: Jika Anda pergi ke dokter yang buruk, kesehatan Anda akan menderita. Jika Anda mendapatkan nasihat keuangan yang buruk, kekayaan Anda akan menderita..”

3. Jim Wyckoff (Redaktur di Kitco News)

Bagaimana Anda akan berinvestasi $ 10.000 pada tahun 2014?
65% Real Estate (Properti) – yaitu tanah di daerah pedesaan di AS
25% Cash
10% Emas dan Perak

Di mana Anda akan menghindari menempatkan uang Anda pada tahun 2014?
“Pasar saham.”

Apa nasihat investasi terbaik yang pernah Anda terima?
“Setiap orang bodoh bisa masuk (kapan saja) ke pasar (saham), tapi hanya seorang pro lah yang tahu bagaimana dan kapan harus keluar.”

Adakah benang merah dari ketiganya? Silahkan Anda simpulkan. Hemat kami, ternyata properti dan emas fisik, menjadi mayoritas pilihan para expert tersebut. πŸ™‚

Namun ada Home Fun dari saya untuk pembaca sekalian yang budiman, pertanyaan yang sama (dan saya doakan kita semua mampu meraihnya, Aamiin..).

“Jika Anda memiliki $ 10.000 kemana saja akan Anda alokasikan?”

Silakan dijawab dengan penuh kesenangan hati dan jika ingin berbagi, bisa disampaikan di kolom komentar di artikel ini.

Selamat Merencanakan! Salam berkah berkelimpahan.

place your ads here

7 Responses

  1. Rahadi 4 years ago
  2. Belajar Wordpress 4 years ago
  3. Rizki 4 years ago
  4. agus hendra 3 years ago
  5. Abu Choiri 3 years ago
    • Ibnu Ghoffar Thoyyib 3 years ago
  6. bisnis pulsa 3 years ago

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)