Bagaimana Menyiasati Selisih Harga Jual-Beli Ketika Menjual Kembali Emas?

Seperti kita tahu dalam perniagaan emas, ada selisih/spread antara harga jual dan harga beli emas batangan. Selisih harganya berada pada kisaran 3.5-12%, bergantung pada ukuran kepingnya.

Jika kita ambil rerata selisih ini pada angka 6%, maka semisal kenaikan harga emas mencapai 20%, maka kenaikan ‘sesungguhnya’ yang akan kita terima adalah 14%.

Angka yang cukup besar bukan? Terus bagaimana menyiasati selisih/spread harga jual-beli emas ini agar kenaikan sesungguhnya yang akan kita peroleh tidak berkurang banyak?

Mari kita coba diskusikan beberapa triknya.

Yang pertama, mungkin kita bisa mencoba untuk mencari tempat terbaik menjual kembali emas kita; tempat terbaik adalah tempat dimana emas kita dihargai (jauh) lebih tinggi di atas patokan harga antam.

Outlet Dinar adalah salah satu tempat terbaik menjual kembali emas kita karena menawarkan harga beli yang lebih tinggi dibandingkan patokan harga beli Antam.

Jika belum berhasil atau belum cukup puas dengan trik di atas, kita bisa trik berikutnya yakni mencoba menjual sendiri emas kita dengan patokan harga jual dari Antam.

Inilah salah satu kelebihan investasi emas karena tidak seperti investasi yang lain, emas mudah untuk diperjualbelikan secara mandiri.

Kita bisa menjual sendiri emas kita kepada tetangga/saudara/teman atau bahkan kepada orang yang belum kita kenal. Kita bisa infokan/promosikan emas yang ingin kita jual melalui email/bbm/facebook/twitter ataupun media lainnya.

Jika dua trik di atas masih terasa ribet buat Anda, ada trik pamungkas yang boleh dicoba, yakni dengan titip jual kembali emas kita pada tempat/toko dimana kita membeli emas tersebut.

Dengan sistem titip jual, emas kita akan dijual dengan harga cukup tinggi kepada pembeli/pelanggan lain di toko/tempat tersebut, tinggal nanti disepakati fee administrasi yang sepakat untuk diberikan kepada toko/tempat tersebut sebagai imbal balik dari layanan titip jualnya.

Memang tidak semua toko/tempat mau melayani titip jual, namun tidak ada salahnya Anda mencoba menanyakannya.

Sebagai info, Outlet Dinar ODNV adalah salah satu tempat yang membuka layanan titip jual kembali emas kita. Namun layanan ini terbatas bagi pelanggan yang membeli emas melalui Outlet Dinar ODNV juga.

Layanan titip jual kembali ini bisa menjadi poin tambahan bagi kita untuk menentukan dimana sebaiknya kita membeli emas. Semoga tidak salah pilih.

Sebagai alternatif pilihan untuk menjual kembali emas batangan Antam, bisa juga dengan mencoba mengunjungi Buybackemas.com yang menawarkan kemudahan, kecepatan dan keamanan dalam bertransaksi emas dengan harga buyback yang relatif lebih tinggi dibandingkan harga buyback pasaran.

Demikian beberapa trik yang bisa kita sharing demi tetap dapat merasakan kenaikan emas dengan sesungguhnya. Semoga bermanfaat.

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)