Bagaimana Menghitung Harga Emas Internasional Ke Dalam Rupiah dan Gram?

Dalam banyak situs, seringkali kita mendapati info mengenai harga internasional komoditas emas dalam bentuk seperti grafik di atas.

Sebenarnya bagaimana membacanya dan berapa sebenarnya jika dikonversikan ke dalam rupiah dan dalam satuan gram? Agar kita juga bisa memperbandingkannya dengan harga pasaran emas batangan yang beredar.

Seperti kita lihat, harga emas internasional dipaparkan dalam satuan oz dan dalam mata uang USD.

Maka untuk bisa mengetahui harga emas internasional dalam satuan gram dan mata uang rupiah, kita tinggal mengkonversikannya: oz ke dalam gram dan USD ke dalam IDR.

Pertama, kita konversi oz ke gr. 1 oz = 31.1gr.

Pada grafik di atas kita lihat angka 1544.20 USD/oz, berarti 1544.20/31.1 = 49.65 USD/gr.

Setelah kita tahu harga per gram dalam USD, tinggal mengkonversikannya ke dalam IDR. Semisal 1 USD = Rp. 8.500, maka 49.65 x 8500 = Rp. 422.025/gr.

Mudah bukan?

Untuk makin memudahkan kita mengetahui harga emas internasional dalam rupiah dan gram, kami telah membut halaman khusus harga emas internasional (realtime) yang mengkalkulasi dan mengkonversi harga emas internasional dalam USD/oz ke dalam IDR/gr secara live realtime.

Data pada halaman tersebut kami ambil dari DGCSC dan KITCO.

Dengan mengetahui harga emas internasional, kita jadi bisa membandingkannya dengan harga emas nasional dan menarik kesimpulan-kesimpulan. :)