Bagaimana Mengecek Keaslian Sertifikat Antam?

Terlihat tanda "C" bolak-balik ketika diterawang di bawah cahaya

Setelah kita mengetahui bentuk fisik sertifikat Antam, maka kami akan coba sharing bagaimana mengecek keaslian sertifikat Antam tersebut.

Meskipun secara kasat mata, sertifikat Antam tersebut nampak seperti kertas biasa, namun sesungguhnya dia punya karakteristik seperti kertas uang yang bisa kita cari tahu mengenai keasliannya.

Berikut ini caranya:

  1. Kita bisa terawang sertifikat Antam tersebut di bawah sinar lampu/matahari, maka akan terlihat tanda “C” bolak-balik yang seperti saling terkait. “C” bolak-balik tersebut sebenarnya bentuk logo “S”, sebagai simbol dari Swadharma, yang merupakan pembuat sertifikat tersebut.
  2. Untuk lebih meyakinkan, kita bisa menggunakan alat bantu sinar UV, maka pada satu sisi akan terlihat jelas benang pendar yang sebelumnya tidak terlihat dengan mata telanjang.
  3. Di bawah sinar UV, tanda “C” tersebut juga akan terlihat makin jelas.
  4. Masih di bawah sinar UV, pada sisi yang lain, akan terlihat juga blok berpendar yang sebelumnya tidak terlihat.
  5. Dengan melakukan 4 langkah di atas, mestinya cukup untuk memastikan keaslian sertifikat Antam. Kita tinggal mencocokkan nomor seri yang ada pada sertifikat Antam tersebut dengan yang tercetak di logam mulia emas batangannya.

Terlihat benang berpendar pada seluruh badan sertifikat Antam


Terlihat blok yang berpendar


Juga terlihat pada sertifikat Antam untuk koin khamsa dirham


Juga terlihat pada sertifikat Antam untuk koin khamsa dirham

Pastikan ketika kita membeli logam mulia emas batangan, kita mendapatkan sertifikat Antam yang asli dan fisik emas batangan yang juga asli. Meskipun keduanya sangat sulit untuk dipalsukan, namun kehati-hatian tetaplah diperlukan.

Jika berminat membeli lampu UV, harganya variatif, namun dengan uang 50rb mestinya Anda sudah bisa mendapatkan lampu UV yang cukup bagus untuk melakukan pengecekan.

Selamat mencoba!

place your ads here

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)