Apakah Tanggal Sertifikat Emas Batangan Berpengaruh Terhadap Harga Jual Kembali?

pengaruh_tanggal_sertifikat_emas_buyback

Tidak sedikit pertanyaan yang masuk ke ODNV, salah satunya adalah mengenai apakah tanggal sertifikat emas batangan berpengaruh terhadap harga jual kembali?

Pertanyaan lain yang agak mirip, apakah desain emas batangan berpengaruh terhadap harga jual kembali?

Jawaban dari dua pertanyaan tersebut adalah semestinya tidak; tanggal sertifikat dan atau desain emas batangan semestinya tidak berpengaruh terhadap harga jual kembali.

Namun secara realitas di lapangan, pasar lebih menghargai emas batangan dengan desain terbaru sedikit lebih tinggi dibandingkan harga emas batangan dengan desain yang kurang terbaru.

Sementara tanggal sertifikat emas batangan TIDAK BERPENGARUH terhadap harga jual kembali.

Pasar/calon pembeli akan menanyakan tanggal sertifikat hanya untuk memastikan apakah emas batangannya masuk desain terbaru atau desain sebelumnya.

Selama desainnya adalah desain terbaru, maka tanggal sertifikat emas batangan TIDAK BERPENGARUH terhadap jual kembali.

Emas batangan dengan tanggal sertifikat 27 Oktober 2014 tidak berharga lebih tinggi dibandingkan emas batangan dengan tanggal sertifikat 27 Oktober 2012, karena kedua emas batangan tersebut memiliki desain sama terbarunya (desain vertikal).

Seperti kita tahu, pada Maret 2011, Antam melakukan perubahan desain emas batangan yang cukup signifikan; dari bentuk desain horizontal menjadi bentuk desain vertikal.

Pembeli kembali emas batangan kita (semisal: toko emas) akan menanyakan apakah tanggal berapa sertifikat emas batangan kita untuk memastikan bahwa desainnya sudah yang terbaru alias desain vertikal.

Jika disebutkan tanggal sertifikat emas batangan yang ingin kita jual kembali semisal adalah 31 Januari 2011, maka toko emas sudah bisa tahu bahwa emas batangan kita desainnya bukan yang terbaru.

Dan biasanya toko emas akan menawar emas batangan dengan desain lama sedikit lebih rendah dibandingkan dengan emas batangan desain yang lebih baru.

Kenapa bisa demikian? Karena permintaan pasar itu sendiri alias karena keinginan customer.

Pada dasarnya toko emas membeli emas batangan kita untuk dijual kembali ke customer yang lain. Karena customer yang lain inginnya beli emas batangan dengan desain yang lebih baru, maka toko emas mesti melebur kembali emas batangan desain lama ini ke Antam untuk dijadikan desain yang lebih baru. Dan ini perlu biaya tambahan.

Pilihan lainnya, toko emas akan menjual emas batangan desain lama ke customer lain dengan harga yang sedikit lebih rendah dibandingkan emas batangan desain yang lebih baru agar cepat laku.

Untuk menjaga agar tidak rugi, maka toko emas juga pada akhirnya akan membeli emas batangan desain lama kita juga dengan harga sedikit lebih rendah dibandingkan emas batangan desain yang lebih baru.

Beda Cerita Jika Jual Langsung ke Antam

Penjelasan perbedaan harga jual kembali emas batangan desain lama dengan emas batangan desain yang lebih baru di atas tidak berlaku jika kita menjual kembali emas batangan kita langsung ke Antam di Pulogadung.

Antam menerapkan harga buyback yang sama, tidak ada perbedaan, antara emas batangan desain lama maupun yang baru.

Namun sayangnya harga buyback Antam ini seringkali lebih rendah dibandingkan harga buyback emas batangan yang ditawarkan oleh toko-toko emas.

Kesimpulan

Tanggal sertifikat emas batangan tidak berpengaruh terhadap harga jual kembali. Yang mungkin berpengaruh adalah desain emas batangannya.

Jika Anda menjual ke toko emas, emas batangan dengan desain lama, relatif akan ditawar lebih rendah dibandingkan emas batangan dengan desain yang lebih baru. Hal ini disebabkan permintaan customer itu sendiri.

Jika Anda menjual langsung ke Antam, tidak ada perbedaan harga jual kembali antara emas batangan desain lama maupun desain baru, sama saja.

Jadi jika Anda ingin menjual kembali emas batangan Anda, ada baiknya untuk mencari tahu beberapa perbandingan harga buyback emas dari beberapa toko emas dan juga Antam.

Kemudian pilih tempat jual kembali emas batangan Anda; yang aman dan bisa dipercaya, yang harganya bagus dan yang mudah dijangkau.

Kalau usul saya, jualnya nanti-nanti saja 5 tahun lagi, kecuali kalau Anda benar-benar butuh untuk dijual dalam waktu dekat ini.

place your ads here

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)