Apakah Mungkin Emas Batangan Antam Dipalsukan?

Jawabannya mungkin saja, namun bukan hal yang mudah untuk memalsukan emas batangan Antam; tidak ‘semudah’ memalsukan uang kertas.

Kalau memang memungkinkan emas batangan Antam dipalsukan, terus bagaimana kita berhati-hati dalam melakukan pembelian emas batangan Antam agar tidak tertipu dengan membeli yang palsu.

Seperti kita tahu, emas batangan ini produk unik; makin tinggi harganya, makin antri orang membelinya sehingga motivasi pihak-pihak jahat untuk melakukan pemalsuan pun makin besar.

Namun sejauh kami tahu, kami belum pernah mendengar ada ditemukan kasus pemalsuan emas batangan Antam. Yang sering terjadi adalah perhiasan emas 75% (18 karat) diakunya sebagai emas 22 karat (91.7%).

Sebelum terjadi hal buruk yang tidak kita inginkan, berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memastikan bahwa emas batangan Antam yang kita beli bukanlah palsu.

Pertama, beli emas batangan Antam di institusi yang bisa kita percaya. Institusi tersebut bisa Antam atau Pegadaian atau toko emas langganan keluarga yang bisa dipercaya.

Insya Allah, Outlet Dinar juga bisa dikategorikan sebagai institusi yang bisa dipercaya untuk urusan emas batangan Antam. 🙂

Kedua, kita bisa cek keaslian sertifikatnya diikuti dengan menimbang beratnya.

Ketiga, ini adalah langkah pamungkas yang sederhana tanpa melibatkan alat canggih untuk memastikan keaslian emas batangan yang kita beli, adalah dengan melakukan pengukuran dimensi emas batangan tersebut. Ini agak kurang lazim dilakukan, namun bukan hal tabu untuk dicoba.

Dengan mengetahui dimensi logam tersebut, kita jadi tahu volumenya. Dengan kita tahu volume dan beratnya, kita tinggal bandingkan dengan menggunakan rumus Massa jenis.

Sebagai contoh adalah emas batangan Antam LM 25gr, seperti foto di samping.

Dimensinya adalah 33.3 x 20 x 2.07 (mm), volumenya berarti sekitar 1378.62mm3 alias 1.37862cm3.

Kita tahu massa jenis emas adalah 19.3gr/cm3. Dengan volume 1.37862cm3, jika benar logam tersebut emas semestinya beratnya adalah:

19.3gr/cm3 = m/1.37862cm3
m = 19.3 x 1.37862
m = 26.607366gr

Dengan bentuk emas batangan Antam yang tidak full padat, namun ada sedikit ukiran dan pattern lain menjadikannya wajar jika beratnya adalah 25gr, tidak beda jauh dari berat yang seharusnya dari rumus massa jenis yakni 26.607366gr.

Sederhana bukan, silahken dicoba.

Btw, kalau beli emas batangannya di Outlet Dinar, pasti dijamin keasliannya, pasti dikirimnya dan tidak pake ngantri lagi. #YahPromoLagi 🙂

place your ads here

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)