Apakah Ada Kemungkinan Harga Emas Turun?

Sejak Jumat (5/8/11) akhir pekan lalu, sampai dengan Senin dan Selasa kemarin adalah hari-hari yang membuat kita speechless mengamati pergerakan harga emas.

Jumat lalu, Antam membuka harga dasar emas pada 456rb/gr, namun jam 12an Antam merevisi harga dasar emas menjadi 460rb/gr.

Hari Senin, Antam membuka harga dasar emas pada 470rb/gr, namun lagi-lagi ketika menjelang siang harga dasar emas Antam direvisi menjadi 474rb/gr.

Selasa kemarin, Antam membuka harga dasar emas pada 480rb/gr, namun kurang dari 1 jam, Antam merevisinya menjadi 488rb/gr dan luar biasanya kurang dari 3 jam kemudian, Antam merevisi kembali harga dasar emas menjadi 495rb/gr.

Hari perdagangan emas dimana Antam merevisi harga dasarnya termasuk adalah kejadian langka. Seingat saya tahun 2010 lalu, cuma 1 hari Antam pernah merevisi harga dasarnya.

Dan kemarin sudah 3 hari berturut-turut Antam merevisi harga dasar emasnya, bahkan untuk Selasa kemarin sampai merevisi 2x dalam sehari.

Ini menunjukkan begitu volatilnya harga emas, begitu lincah riangnya dia mendaki gunung, terus menanjak seperti tidak akan kehabisan energi.

Penyebabnya apa? Secara umum kita bisa mengatakan bahwa investor cenderung mengalihkan asetnya kepada emas sebagai safe haven karena bayang-bayang kelesuan ekonomi global.

AS sebagai salah satu barometer ekonomi dunia saat ini hidup dengan gali lobang tutup lobang. Rating utangnya di mata S&P diturunkan menjadi AA+ dari yang sebelumnya AAA dengan outlook negatif. Ini terjadi setelah 70 tahun lamanya AS selalu dirating dengan AAA.

Pada saat timbul ketidakpastian pasar dan ekonomi, maka emas selalu diburu karena karakternya yang adil, tidak kosmetik. Dan terus melambunglah harganya.

Ketika harga emas terus menanjak seperti saat sekarang (dan mungkin nanti terus berlanjut), banyak saudara, kawan dan pelanggan yang bertanya, “apakah ada kemungkinan harga emas turun?”

Jawabannya sederhana: kemungkinan turun selalu ada! Apa yang naik, pasti akan mengalami keletihan untuk kemudian mengambil nafas, turun sejenak dan kembali melanjutkan pendakian selama belum ada perubahan yang signifikan terhadap tata kelola ekonomi dunia.

Pertanyaan berikutnya adalah kapan akan turunnya? Dan seberapa turun angkanya? Ini yang sungguh sulit untuk dijawab.

Pertanyaan tambahan lainnya, apakah ketika harga emas dunia turun, maka akan serta merta harga emas Antam juga akan turun?

Seperti Anda lihat pada grafik harga emas internasional di atas, selalu ada naik dan turun. Yang sedikit berbeda adalah naik dan turunnya banyak yang curam, ini yang kita sebut sebagai kelincahan. 🙂

Terus apakah turunnya harga emas internasional tersebut akan serta merta membuat Antam merevisi harga dasarnya? Ternyata tidak tentu juga.

Menurut saya, ketika Antam menentukan harga dasar emas di pagi hari, Antam akan melihat pergerakan harga emas dengan melakukan proyeksi dan menentukan titik tengah sehingga bisa didapat harga dasar yang sekiranya pantas.

Antam sampai harus melakukan revisi harga dasar pada 3 hari belakangan ini karena pergerakan harga emas dunia yang terlalu lincah tadi.

“Jadi gimana nih, beli emasnya sekarang saja atau tunggu nanti biar agak turun?”

Ini pertanyaan yang tidak bosan-bosan ditanyakan, jawabannya sudah saya tuliskan disini.

Sebagai cerita, ada saudara yang ingin beli emas dalam jumlah yang cukup besar, dia sudah tanya-tanya sejak harga dasar emas di 450rb/gr, yang pada waktu itu angka ini dirasa cukup tinggi. Dia maju mundur untuk bertransaksi.

Sampai pada akhirnya beberapa hari ini dia tuntaskan transaksinya itu dengan rerata harga di 472rb/gr. Andai saja ketika di angka 450rb/gr dia tidak maju mundur.

Naik atau turunnya harga emas setelah kita bertransaksi adalah rejeki yang tidak kuasa kita tolak. Nikmati saja dan marilah kita banyak bersyukur. 🙂

place your ads here

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)