8 Jurus Jitu Menjinakkan Uang Anda

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan email masuk dari seorang sahabat, intinya bercerita mengenai makin jinaknya uang yang ia miliki setelah mendapatkan jurus jitu yang pernah kami pelajari.

Di akhir cerita panjangnya, ia berharap besar bisa membantu banyak orang untuk mempelajari jurus tersebut. Yang paling penting menurutnya, mempraktekkan atau ACTION.

Email tersebutlah yang menggugah saya untuk berbagi 8 Jurus Jitu untuk Menjinakkan Uang Anda ini. Siapkan diri untuk menyimak 8 jurus tersebut.

Mari kita mulai pemanasannya 🙂 #ciaat

Apakah Anda mengalami hal yang sama dengan pertanyaan berikut:

Pernah ngerasain gak tabungan kita di bank gampang banget berkurangnya?
Atau malah gampang banget habisnya?

Sepertinya uang yang kita miliki sangat “liar”, tidak mau diam di dalam dompet atau tabungan kita, selalu ingin “keluar”.

Tiap bulan sudah menyisihkan budget untuk ditabung, namun gampang sekali menjadi habis karena kita tergoda dan gampang untuk membelanjakannya?

Beli gadget baru?
Belanja baju dan sepatu mumpung ada sale?
Mendadak ngebet liburan ke luar kota?
Godaan yang berat…

Itulah yang juga dialami oleh sahabat saya, dan mungkin juga kita pernah mengalami hal yang sama.

Setiap bulan menabung, namun setiap kali pula ada ‘godaan’, sahabat saya tersebut selalu kalah dalam pertarungan untuk mendebet tabungannya.

Akibatnya? Galau tingkat tinggi. Akibat tabungan tak kunjung menggembirakan. 😉

Itu dulu dan sekarang sudah berbeda cerita, ketika kami mendapatkan 8 Jurus Jitu untuk menjinakkan uang. Mungkin saja Anda juga sudah pernah mendengar atau membacanya?

Tapi apalah artinya, jika pernah mendengar dan membaca namun tidak seringkali kita terapkan? Betul apa betuull??

Mau tau 8 Jurus Jitu tersebut? #kasitahudooong 🙂

Catat, dan lakukan atau tanyakan pada diri Anda sendiri pertanyaan berikut ketika ingin mengeluarkan uang:

1. Apakah pengeluaran uang ini untuk memenuhi Need atau Want?
Jika merupakan kebutuhan mendesak dan penting maka ia lebih berhak dikeluarkan. Jika hanya sebatas memenuhi keinginan (baca: hawa nafsu) maka niscaya tak akan ada habisnya.

Dengan menerapkan jurus pertama ini, maka kita sudah bisa menjinakkan uang untuk tidak lekas keluar. Jurus ini yang menurut saya patut kita ulang-ulang agar jadi ‘habit’ atau budaya disiplin kita.

For Need or Want? Untuk kebutuhan atau keinginan??

Want an eco-car with excellent fuel economy or a sporty car? 😀

2. Apakah Pengeluaran uang ini bisa ditunda tahun depan? bulan depan? pekan depan? esok hari?
Ya, jika harus keluar, bisakah ini ditunda untuk beberapa waktu? Jika masih bisa, maka tundalah agar uang tidak lekas keluar dari sarangnya.

Kita tak perlu bersegera membeli sepeda motor baru sementara sepeda motor lama kita masih berfungsi dengan baik bukan? Bisa beberapa tahun ditundanya? Well, tergantung kita sebagai pengguna dan perawatnya.

3. Jika tidak bisa ditunda, apakah ada sesuatu yang bisa menggantikannya secara ekonomis?
Hidup ini jatuh kepada pilihan-pilihan, termasuk pilihan yang lebih ekonomis. Jika kita mendapati pilihan dengan fungsi yang kurang lebih sama, kualitas pun sama, bukankah sebaiknya yang lebih ekonomis menjadi pilihan, right?

Tak perlu memaksakan diri beli MacBook Pro jika ada yang lain dengan harga lebih separuhnya dan spesifikasinya tetep keren. #pengalaman 🙂

4. Jika tidak ada yang menggantikannya, apakah saya bisa mendapatkannya dengan cara yang lebih ekonomis?
Cara yang lebih ekonomis misalnya adalah gratis, atau bisa jadi dengan nilai separuh dari nilai aslinya.

Koq bisa? Hehe.. Alhamdulillah, saya sendiri punya pengalaman di tahun 2009 mendapatkan TV 32′ gratis, 2010 mendapatkan iPod gratis, 2011 mendapat Galaxy Tab keluaran pertama di Indonesia secara gratis, 2012 dapat 1 unit BB gratis. Asyik apa asiik? Let’s Think Creative 😀

Pernah juga ketika pindah rumah dan perlu mesin cuci baru. Ketika silaturahim ke rumah saudara, saya ditawarkan sebuah mesin cuci baru dengan harga miring yang dibeli bibi saya. Karena khodimat (pembantunya, red) tidak biasa gunakan mesin 1 tabung maka bibi saya beli lagi yang tipe lama. Jadi #rezekinomplok bukan?

Di tahun 2013 ini apa ada yang mau berbagi kejutan dengan saya? Hehe.. Ukuran sepatu saya 42 #kode 😀

5. Apakah jika saya tidak melakukan pembelian atau pengeluaran uang ini akan terjadi kerugian yang nyata?
Mahasiswa yang tidak membeli tablet, dia tidak akan merugi, sementara ia masih memiliki handphone yang memadai dalam genggaman. Pedagang kelontong (rumahan) yang tidak membeli printer bar code juga tentu tidak menjadi kerugian yang nyata.

Seorang wanita yang tidak membeli tas bermerk dan seharga jutaan atau puluhan juta rupiah, sejatinya tidak akan sengsara hidupnya bukan, melainkan hanya demi #gengsi semata 🙂

Jika pengeluaran uang ini tak berakibat fatal atau menyebabkan kerugian materil maupun moril, maka Anda bisa menundanya hingga tiba saat waktu dimana Anda membelinya dalam keadaan yang tepat.

6. Apakah jika saya tetap menunda pembelian ini akan terjadi malapetaka yang lebih besar?
Jika kita tidak membeli hal yang diperlukan tersebut apakah akan terjadi musibah dalam hidup? Sakit?? Atau bahkan berujung kepada kematian?

Semisal kita tidak membeli makan siang ketika sedang istirahat kerja sudah barang tentu itu akan menjadi kerugian. Kita bisa sakit, masuk rumah sakit dan akibatnya pekerjaan terbengkalai, keluarga risau, dan pastinya uang tabungan kita akan tergerus hari demi-hari, meskipun Anda memiliki asuransi.

Jika ilustrasi tersebut yang terjadi jika kita tidak melakukan pembelian atau pengeluaran uang, maka kita ‘boleh’ melakukan pembelian tersebut.

Jika tidak, maka jurus ini mampu menahan Anda untuk membuka isi dompet Anda. 🙂

7. Apakah saya siap untuk menunda kesenangan?
Hakikat hidup ini adalah menunda kesenangan. Mengapa? Karena sesungguhnya kesenangan sejati adalah pada kehidupan setelah kita tiada kelak dan kita meraih surga-Nya.

InsyaAllah dengan bersabar dan bersyukur atas apa-apa yang Allah berikan kepada kita, ditambah keyakinan bahwa semua ini adalah titipan dari-Nya, godaan kesenangan tersebut bisa kita lewati dengan baik.

Hal ini juga mengapa malaikat menyapa para penghuni surga dengan ucapan selamat, “Salamun ‘alaikum bima shabartum” yang artinya adalah “Selamat sejahtera atasmu dikarenakan KESABARANMU”.

Ya. Karena kesabaranlah yang mengantarkan seseorang ke akhir yang baik. Sabar dalam kebaikan, sabar dalam beramal, sabar dalam menjauhi perbuatan buruk dan tercela, sabar dalam kehidupan, sabar dalam lapang dan kesempitan, dan seterusnya bisa ditambah sendiri ….. 🙂

Bersabar dalam segala hal dikarenakan mencari keridhaan Tuhannya.

Terakhir, ada 1 Jurus Pamungkas, yang hematnya bisa menjadi kunci makin jinaknya uang Anda, yaitu:

8. Emaskan Uang Anda!
Ya.. Sahabat saya tersebut akhirnya menemukan solusi jitunya: menabung emas atau jadikan uangnya ke dalam bentuk emas batangan!

Sejak mengenal emas batangan, sahabat saya tersebut dan keluarganya memutuskan untuk menabung bulanan dalam bentuk emas batangan.

Beliau pilih menabung emas batangan Antam ukuran 3gr, 5gr dan 10gr. Kadang saya dapati sahabat saya tersebut menabung 25 gr 🙂 #keren

Saya yakin bahwa sahabat saya tersebut tidak sendirian. 😉

Banyak orang yang juga mengalami masalah seperti yang pernah beliau alami; tidak pernah berhasil dengan tabungannya karena mudah tergoda untuk mencairkannya.

Sebab ini pulalah yang mendorong saya dkk untuk mendirikan ODNV.

Melalui ODNV, kami ingin membantu banyak orang yang punya masalah dengan tabungan rupiahnya untuk segera menabung emas batangan, termasuk mengendalikan ‘liar-nya’ uang yang dimiliki.

Bismillah.. Semoga Allah mudahkan niat mulia kita.

Salam berkah dan keberlimpahan.

ps: awal bulan depan, tepatnya tanggal 8 Desember 2013, ODNV akan mengadakan seminar mengenai Islamic Wealth Management yang akan dibawakan oleh partner saya, Adhika Dirgantara. Saya mengundang Anda yang sudah terbiasa menabung untuk ikut hadir, akan banyak jurus mengenai bagaimana mengelola uang, asyik bukan? Silahkan hubungi 0812 9556 6637 (call only) untuk informasi lebih lanjut. Thx 🙂

place your ads here

5 Responses

  1. Agung Prasetiyo 4 years ago
  2. jaka purwanto 4 years ago
  3. Muhammad Fitrullah 4 years ago
  4. soraya 4 years ago
  5. Sancy 4 years ago

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)