7 Kesalahan Yang Mesti Kita Hindari Dalam Perjalanan Menuju Kaya

menuju_kaya

Kekayaan sering dianggap sama dengan menjadi kaya, padahal keduanya tidak sama. Menjadi kaya hanya bagian kecil dari kekayaan Anda secara keseluruhan.

Ironisnya ada begitu banyak orang di masyarakat yang meninggal saat sedang mengejar kekayaan. Dan kebanyakan mereka juga lupa bahwa kekayaan yang sudah dimilikinya harus disimpan dan diinvestasikan agar tidak habis sia-sia.

Ada banyak kesalahan yang orang lakukan dalam perjalanan menuju kekayaan, 7 diantaranya yang mesti kita hindari adalah:

1. Menghabiskan waktu pada hal yang tidak berguna

Ketahuilah jatah hidup Anda tidak lama, sehingga waktu Anda sangatlah sempit. Orang kaya tidak akan menghabiskan begitu banyak waktu, uang dan tenaganya pada sesuatu yang tidak perlu.

Begitu banyak orang yang ingin kaya lupa akan waktunya sehingga dihabiskan sia-sia; menonton TV berjam-jam lamanya, nongkrong ngobrol ngegosip dan sebagainya.

Padahal dengan waktunya itu harusnya Anda bisa lebih produktif untuk fokus berusaha, bekerja, berdagang atau berinvestasi yang bisa menambah penghasilan Anda.

2. Terlalu banyak yang ingin dicapai

Satu kesalahan besar dalam merencanakan kekayaan adalah ketika Anda memiliki terlalu banyak keinginan yang ingin dicapai. Sebenarnya ini gangguan yang membuat Anda tidak fokus.

Warren Buffet memberikan tips bagaimana cara memilah yang prioritas dalam membangun kekayaan. Buffet menyarankan untuk menuliskan 25 target yang ingin dicapai, kemudian lingkari 5 target yang paling atas dan mulailah action pada target yang kita lingkari sebagai prioritas utama. Dan sisanya dilakukan saat target yang prioritas tadi telah tercapai.

3. Hidup bermewah-mewah

Kesalahan kebanyakan orang adalah mengejar kekayaan sebagai alasan untuk hidup lebih mewah. Mereka ingin dipandang lebih hebat dengan menampilkan rumah dan mobil mewahnya.

Padahal orang kaya tidak menghabiskan uang mereka untuk nafsu konsumtif, mereka lebih banyak menghabiskan uangnya dengan membeli seperlunya disesuaikan dengan kebutuhan lalu mereka banyak menabung dan investasi.

Justru dua hal ini yang mampu lebih melejitkan kekayaan mereka.

4. Tidak punya rencana anggaran yang baik

Ketika Anda mencoba untuk menciptakan kekayaan, jelas langkah pertama adalah untuk membuat anggaran. Rencana anggaran ini yang membuat kebanyakan orang salah dalam bertindak, mereka tidak memahami bagaimana merancang anggaran dan merekapun kurang disiplin dalam menghabiskan uang sesuai dengan anggaran yang sudah direncanakan.

Anggaran itu memastikan kelangsungan hidup Anda. Maka dari itu buatlah anggaran yang baik, hitung berapa kebutuhan, keinginan dan tagihan yang harus Anda bayar selama 1 bulan kedepan lalu disiplinlah dengan rencana anggaran yang sudah Anda buat agar tidak ada uang yang keluar untuk sesuatu yang tidak Anda perlukan.

5. Tidak berani mengambil resiko

Banyak orang gagal menjadi kaya disebabkan takut berinvestasi dan takut pula menghadapi resiko dari investasinya. Berbeda dengan orang kaya, para orang kaya memiliki motto bahwa kunci untuk menciptakan kekayaan yang besar adalah berani untuk mengambil risiko.

Mereka yakin bahwa semakin besar resiko maka terdapat peluang keuntungan yang besar pula. Memang setiap investasi yang Anda buat akan menjadi resiko, tapi Anda dapat menghindari resiko tersebut dengan banyak mempelajari dan memahami jenis investasi yang Anda lakukan.

Seperti yang diucapkan Warren Buffett “Risiko datang dari tidak tahu apa yang Anda lakukan”

6. Tidak memahami nilai dari menjaga hubungan baik

Dalam dunia bisnis, reputasi dan integritas adalah sesuatu nilai jual yang tinggi. Dalam bisnis online, ketika orang ingin tahu tentang layanan yang Anda berikan, mereka secara otomatis mencari tahu di internet apa yang orang katakan tentang Anda.

Dalam hal ini, reputasi Anda sedang dinilai. Satu catatan buruk bisa berarti sepuluh pelanggan Anda akan hilang. Dua ulasan buruk bisa berarti dua puluh pelanggan yang hilang. Ini berarti Anda harus sadar untuk berusaha mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang baik jika Anda ingin bisnis Anda sukses.

Jangan lupa bahwa orang akan pergi ke mana mereka merasa paling dihargai dan jangan lupa juga untuk meluangkan waktu untuk memperbaiki hubungan bisnis yang terlanjur rusak.

7. Mereka tidak tahu bagaimana mendelegasikan

Banyak orang berbisnis lalu menjadi kaya. Namun kadang mereka tidak pernah belajar bagaimana membagi tanggung jawab pekerjaan. Seringkali Anda berpikir bahwa bisnis tidak dapat berjalan dengan baik atau lancar tanpa Anda.

Cara berpikir seperti ini akan mebuat Anda stress. Anda harus mendelegasikan pekerjaan dengan karyawan Anda. Anda harus dapat mempercayai kemampuan mereka untuk memimpin. Cari tahu apa kelebihan dari tim Anda dan harus sering memotivasi mereka agar bisa melakukan pekerjaan yang Anda berikan.

Jangan pernah mengukur kesuksesan perjalanan hidup karena hasil kerja keras Anda sendiri. Perjalanan kesuksesan Anda harus dinilai dari kerja keras orang lain yang ikut membantu Anda meraih sukses. Dan sekarang mereka pun ikut bersuka cita menikmati hasil dari kesuksesan Anda.

jual cepat emas antam

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)