6 Tips Keuangan Yang Penting Anda Praktekkan Wahai Anak Muda

young-people

Apakah Anda pelajar? Mahasiswa? Atau karyawan? Pernahkah terfikir dibenak Anda akan hal pengelolaan keuangan? Jika iya, ulasan berikut mengenai tips-tips pengelolaan keuangan adalah hal yang wajib Anda baca dan praktekkan wahai anak muda.

Di dunia saat ini, satu hal yang paling penting yang harus dilakukan oleh kalangan anak muda adalah belajar mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Dunia hari ini adalah dunia yang sangat memudahkan untuk dapat menimbun hutang dan nampak mustahil untuk terbebas dari hal tersebut. Namun dengan mempraktekkan 6 tips ini Anda bisa mendapatkan diri Anda di jalan yang benar dan hati fikiran pun akan tenang dalam menjalani kehidupan.

1. Membuat Anggaran

Di setiap blog Anda pasti akan menemukan tips ini dan ada alasanya. Pastikan Anda membuat anggaran dan memprioritaskan yang dibutuhkan.

Hal ini dapat membantu Anda menjaga uang Anda agar tidak menambah tagihan atau menguras tabungan Anda. Dengan cara ini ada hal yang terjadi secara tak terduga, tapi jika Anda tidak merasa kaget atau cemas akan hal tersebut berarti Anda memiliki sisa anggaran dana yang ekstra baik.

2. Jika Anda Belum Memiliki Buku Tabungan, maka Segera Buka Sekarang

Tabungan sangat penting di gunakan ketika kita membutuhkan dana darurat. Saya selalu diajarkan untuk mencoba menabung dan mengumpulkan minimal 3 x gaji bulanan, untuk mengantisipasi jika Anda harus kehilangan pekerjaan dan atau perlu mengambil cuti panjang.

Anda pasti faham mengendalikan uang itu sulit, apalagi harus menyimpan sebanyak itu dan akan hilang sekejap mata, tapi tak sedikit yang bisa melakukan hal itu. Salah satu cara yang efektif adalah mentransfer sebagian gaji bulanan secara otomatis ke rekening khusus tabungan tanpa perlu melihat buku tabungan.

3. Berhati-hatilah terhadap Kredit!

Hutang adalah salah satu cara yang mudah di gunakan untuk semua kalangan, dimana dengan cara ini semua orang bisa memiliki segala sesuatu yang di inginkanya. Mulai dari kendaraan, gadget, elektronik sampai membeli rumah pun bisa kredit. Hal ini bisa berakhibat fatal pada keuangan Anda.

Berdasarkan penelitian pada golongan usia muda mulai dari 18-35th rata-rata meiliki hutang kisaran 5jt-50jt bahkan ada yang lebih dari itu. Di jaman sekarang ini semua serba mudah cukup promosi dengan kalimat “beli sekarang bayar nanti” membuat orang-orang tergiur untuk segera menguras uang mereka secara tak sadar.

Meskipun terlihat seperti ide yang bagus tapi itu akan menyakitkan dikemudian harinya. Mereka berfikir mereka mempunyai uang yang banyak dan cukup menggesekkan kartu kredit untuk membeli sesuatu tanpa perlu mengeluarkan uang, padahal kenyataanya tidak seperti itu.

Mereka harus membayar kembali nanti berikut dengan tambahan bunganya. Jika Anda ingin menggunakan kartu kredit, pastikan Anda memiliki dan tunai untuk mendukungnya.

4. Hidup di bawah Rata-rata

Cobalah untuk bisa mengendalikan keuangan Anda, buatlah anggaran dana dengan benar. Suze Orman seorang guru keuangan menyarankan untuk menyisihkan 10% dari pendapatan.

Dengan melakukan hal ini Anda akan merasa bahagia dan memiliki dana yang ekstra baik terlebih ketika tagihan Anda sudah lunas.

Hal ini juga akan sangat baik ketika Anda di promosikan naik jabatan dan naik gaji, Anda bisa hidup dengan cara sebelumnya yang sudah Anda terapkan. Dan hal ini akan menyelamatkan Anda dari krisis di akhir bulan. Jadi cara terbaiknya adalah dengan bermain aman.

5. Berinvestasilah untuk Masa Pensiun

Jika Anda mulai menginvestkan uang Anda di usia 20th maka Anda telah memberi kontribusi banyak pada uang Anda sacara keseluruhan dan akan menikmatinya pada 30tn-40th kemudian.

Dan ini berarti Anda memiliki waktu dan uang yang cukup banyak ketika sudah pensiun.

6. Punyai Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan sangatlah penting, terlebih jika kita memiliki keluarga banyak. Jika Anda tidak mendapatkanya di tempat kerja maka carilah cara lain atau bisa dengan membuatnya sendiri.

Asuransi kesehatan akan sangat membantu ketika kita (atau keluarga kita) memerlukan perawatan medis, biaya yang diperlukan bisa menghabiskan tabungan jika kita tidak dibantu dengan asuransi.

Wahai pemuda, tetaplah untuk mempraktekkan 6 tips ini ketika mengelola keuangan Anda. Anda akan jauh lebih baik dalam jangka panjang jika menindaklanjuti ini mulai dari sekarang. Cheers 🙂

jual cepat emas antam

One Response

  1. red 2 years ago

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)