6 Strategi Sederhana Mengatur Keuangan Yang Penting Anda Ketahui

sirami

Mengelola uang secara cerdas lebih mudah dari memahami matematika. Cara sederhananya adalah sisihkan (tabung) sedikit dari yang Anda dapatkan dan berinvestasilah secara rutin, dua hal ini yang akan menjadikan Anda kaya ketika Anda beranjak tua.

Cara ini sebenarnya tidak sulit, masalahnya ada pada psikologis dan emosional seseorang yang terkadang bisa menghambat laju capaian impian keuangan mereka.

Anda bisa mempelajari daftar dibawah ini yang akan memperlihatkan bagaimana kondisi dan mengatur keuangan Anda.

Fokus pada hal sederhana

Dasar-dasar membangun kekayaan telah terdokumentasi dengan baik selama berabad-abad. Kuncinya hanya fokus pada hal-hal sederhana yang diajarkan oleh orang tua, kakek-nenek kita, yakni “tidak menghabiskan lebih banyak uang daripada yang Anda dapatkan”.

Kebahagiaan berasal dari pandainya mengelola keinginan

Anda tidak akan menemukan kepuasan dengan bekerja lebih keras dikarenakan Anda ingin membeli lebih banyak barang, karena hal itu hanya akan menyiksa Anda.

Kendalikan keinginan Anda lalu cobalah belajar untuk menjadi puas dengan apa yang Anda miliki. Anda dapat memiliki apa pun yang Anda inginkan, tetapi tidak semua yang Anda inginkan harus dimiliki. Setiap orang pasti punya keinginan yang ingin dimiliki, termasuk Anda.

Pernahkah Anda mencoba memilah dalam hidup Anda, mana keinginan yang harus Anda miliki dan mana keinginan yang bisa ditunda untuk dimiliki. Ini penting agar Anda bisa menyelamatkan diri Anda sendiri dari pemborosan uang dikarenakan Anda membeli sesuatu yang sesungguhnya Anda tidak perlu memilikinya.

Jangan membuat alasan

Jangan terus menyalahkan diri sendiri atau Anda malah menyalahkan keluarga Anda ketika situasi keuangan Anda sedang tidak baik. Bisa jadi keadaan keuangan Anda yang kurang baik sebagian besarnya merupakan akumulasi kesalahan Anda sendiri.

Jadilah seorang yang bijak yang selalu belajar dari kesalahan dan mau memperbaiki setiap kesalahan. Karena ketika Anda mengalami kebangkrutan maka yang akan menjadi korban adalah Anda dan keluarga Anda dan mereka adalah tanggung jawab Anda.

Tak ada yang peduli tentang uang Anda daripada Anda sendiri

Ketika Anda bangkrut dan tak memiliki uang maka semua orang bisa jadi akan menjauhi Anda, termasuk teman dekat Anda belum tentu ia akan menolong Anda.

Maka dari itu Anda harus punya nyali untuk berani berinvestasi dengan cerdas lalu Anda harus putar otak bagaimana bisa segera melunasi hutang Anda dan yang tidak kalah penting adalah Anda sisihkan uang Anda untuk selalu rutin menabung.

Anda tidak pernah tahu bagaimana esok hari

Hemat dan cermat saat ingin mengeluarkan uang, hal yang mudah diucapkan namun sulit dilakukan karena biasanya akan berbenturan dengan keinginan.

Tapi hal ini harus dilakukan karena Anda tidak pernah tahu bagaimana kehidupan Anda esok hari. Anda tidak bisa memprediksi bagaimana hidup Anda esok, setahun lagi bahkan 10 tahun lagi, karena seumur hidup Anda tidak selamanya Anda selalu memiliki uang, tidak selamanya bisnis anda selalu lancar dan tidak selamanya pula kesehatan Anda selalu prima.

Memang uang bukan segalanya, tapi saat hidup Anda sedang sulit maka Anda juga tidak mungkin hidup tanpa uang.

place your ads here

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)