3 Kesalahan Keuangan Yang Harus Anda Perbaiki Segera Agar Hidup Tidak Begitu-Begitu Saja

salah-keuangan

Kita sering bertanya tentang bagaimana menjadi kaya dan jawaban sederhana yang bisa kita dapatkan adalah: jangan menghabiskan terlalu banyak uang yang kita peroleh, selalu sisihkan sebagian pendapatan kita untuk menabung dan investasi.

Nampak sederhana bukan? Namun kebanyakan dari kita melakukan hal yang sebaliknya, menghabiskan banyak uang untuk hal-hal yang tidak perlu, tidak suka menabung apalagi menyisihkan untuk investasi. #modyarkon

Mengapa? Karena kita tidak memahami hubungan kita dengan uang.

Langkah pertama adalah lihatlah pemasukan dan pengeluaran kita dalam jangka waktu 3 bulan. Selanjutnya coba hitung total pendapatan dikurangi total pengeluaran kita selama jangka waktu tersebut, dan biasanya kita akan di hadapkan dengan dua hasil yang berbeda:

  1. Hasilnya positif. Selamat! Kita adalah salah satu dari sedikit orang yang beruntung, karena kita lebih banyak menyimpannya dari pada yang kita habiskan.
  2. Hasilnya negatif. Waspadalah! Kita masuk kedalam “lubang hitam”, karena kita menghabiskan lebih banyak dari yang kita dapatkan.

Berikut ini akan kami tunjukan 3 kesalahan yang sering kita lakukan dalam kehidupan kita tentang keuangan dan cara mengatasinya:

#1. Kita tenggelam dalam utang (kredit konsumtif)

Menghamburkan uang adalah penyakit dan utang kartu kredit adalah kanker. Saat kita pertama kali mendapatkan tagihan kartu kredit dan tidak membayarnya secara penuh, tanpa kita sadari sel kanker keuangan mulai menggerogoti kehidupan kita.

Dan selanjutnya kita akan di hantui oleh lembaran-lembaran kertas tagihan yang mengisi kotak surat kita, dan bukan tidak mungkin selajutnya pintu rumah kita akan di gedor-gedor oleh “centeng”; debt collectors sewaan bank.

Perusahaan penerbit kartu kredit diwajibkan oleh hukum untuk memberitahu kita berapa banyak cicilan yang harus kita bayar setiap bulannya plus bunganya. Dalam banyak kasus, jumlahnya akan sangat mengerikan. Dengan bunga majemuk rata-rata sekitar 16%, utang kita akan terus tumbuh, tumbuh dan tumbuh.

Sesekali lihatlah tagihan kartu kredit kita dan mulailah mendedikasikan setiap sen yang kita miliki untuk melunasinya. Jika kita ingin kaya, kita harus menghilangkan utang terlebih dahulu.

Dan ingat “kartu kredit adalah pengganti uang yang tidak di bawa, bukan uang yang tidak ada”. Jadi, cermatlah dalam mengunakannya.

#2. Pengeluaran membuat kita bahagia

Kebanyakan dari kita selalu mengidentikan kebahagiaan itu adalah saat semua keinginan atau hasrat kita terpenuhi, seperti: makan di luar, belanja atau jalan-jalan.

Padahal seperti yang kita tahu, pencampuran antara emosi dengan uang adalah kombinasi yang beracun.

Kenapa seperti itu? Karena kebahagiaan yang di timbulkan antara keduanya hanya akan memberikan kepuasan sementara dan efeknya menimbulkan kanker keuangan yang berkepanjangan.

Jangan membiasakan diri kita mengubah suasana hati dengan pergi berbelanja karena itu hanya akan memberikan perasaan lebih baik dalam jangka pendek dan kita akan sulit untuk memenuhi keinginan jangka panjang.

Cobalah sekali-kali kita pergi ke alam bebas untuk mengubah suasana hati kita; bisa ke gunung atau ke pantai sesuaikan dengan selera kita, asal jangan pergi ke mall untuk berbelanja karena apabila itu yang kita lakukan, kita akan kesulitan mengontrol pengeluaran.

#3. Berhemat tidak menyenangkan

Pada umumnya berhemat itu identik dengan pengorbanan. Mulai dari mengurangi acara makan di luar, menahan keinginan untuk membeli pakaian baru, hingga memotong anggaran berlibur dan bersenang-senang.

Melakukan penghematan melalui pengorbanan memang sangat efektif, namun terkadang sangat menyiksa. Jadi jika Anda mencari cara untuk berhemat, mengapa tidak memulainya dengan cara yang relatif bebas dari siksa.

Dan ingat, silahkan berbelanja dan berlibur sesuka kita asalkan menggunakan uang tunai langsung. Artinya, berliburlah dan berbelanjalah sesuai dana yang ada di kantong kita.

Mari berbenah sekarang juga agar hidup kita bisa luar biasa!

jual cepat emas antam

One Response

  1. Luke 4 years ago

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)