3 Keputusan Yang Akan Mengubah Kehidupan Finansial Anda

change_sign

Artikel ini ditulis oleh Tony Robbins dan saya mencoba mensadurkannya untuk kita; untuk Anda dan untuk diri saya sendiri.

Dalam artikel kali ini, Tony memaparkan tentang 3 keputusan yang sering kita lakukan, namun kita (mungkin) seringkali pula memutuskannya tanpa sadar (unconsious). Dan kita tahu apa dampak dari sebuah keputusan yang dilakukan tanpa kesadaran.

Mari kita simak paparan Tony.

Tidak ada yang lebih buruk dari orang kaya yang selalu marah atau sedih. Tidak ada alasan untuk melakukan hal itu, namun saya melihat fenomena ini setiap hari. Ini hasil dari ketidakseimbangan hidup yang berlebihan; terlalu banyak berharap dan kurang mensyukuri apa yang ada.

Tanpa rasa bersyukur dan merasa cukup atas apa yang sudah kita miliki, kita tidak akan pernah tahu pemenuhan sejati (true fullfillment). Lalu bagaimana menumbuhkan keseimbangan dalam hidup Anda? Apa gunanya mencapai dan memiliki banyak hal, namun hidup Anda tidak memiliki keseimbangan?

Jika Anda membuat keputusan ini secara tidak sadar, Anda akan berakhir seperti kebanyakan orang, kelelahan emosional dan sering tertekan secara finansial. Tapi jika Anda membuat keputusan ini secara sadar, Anda benar-benar dapat mengubah arah hidup Anda hari ini.

#1. Hati hati dengan yang menjadi FOKUS Anda

Pada setiap saat, jutaan hal bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda. Anda dapat fokus pada hal-hal yang terjadi di sini dan sekarang atau pada apa yang ingin Anda buat di masa depan. Atau Anda bisa fokus pada masa lalu.

Dimana fokus pergi, energi mengalir. Apa yang Anda fokuskan dan cara Anda untuk bertindak, menentukan seluruh hidup Anda.

Apa yang ingin lebih Anda fokuskan: terhadap apa yang sudah Anda miliki atau terhadap apa yang hilang (tidak Anda miliki) dari kehidupan Anda?

Saya yakin Anda berpikir tentang kedua sisi hal ini. tetapi jika Anda merenungkan kembali, apakah Anda menghabiskan waktu hanya untuk memikirkanya ?

Daripada berfokus dengan apa yang tidak Anda miliki dan Anda berkelut secara finansial, sebaiknya Anda mulai sadar bahwa banyak hal lain yang patut disyukuri yang sebagiannya memang tidak ada hubungannya dengan uang. Kita bisa mensyukuri kesehatan, keluarga yang menghangatkan, teman-teman yang menyenangkan, dll.

Membangun kebiasaan untuk menghargai dan mensyukuri apa yang kita miliki sungguh menenangkan, membawa kita ke tingkat baru dalam mengelola emosi mengenai kekayaan dan kesejahteraan hidup.

Pola fokus kedua yang mempengaruhi kualitas hidup adalah: apakah kita lebih fokus pada hal yang bisa kita kontrol atau pada hal yang diluar kontrol kita?

Jika Anda fokus pada apa yang tidak mampu Anda kontrol, maka Anda akan merasa lebih mudah stres dalam hidup. Anda dapat mempengaruhi banyak aspek kehidupan Anda, tetapi Anda biasanya tidak bisa mengendalikanya.

Bila Anda mengadopsi pola fokus ini, otak Anda harus membuat keputusan berikut ini:

#2. Cari tahu (secara serius) apa arti hal itu untuk Anda?

Pada akhirnya, bagaimana perasaan Anda jika hal tersebut tidak ada hubungannya dengan keadaan atau kondisi keuangan Anda atau apa yang telah (atau belum) terjadi pada Anda. Kualitas hidup Anda dikendalikan oleh makna yang Anda berikan.

Anda mungkin tidak menyadari efek pikiran bawah sadar Anda dalam menentukan makna kehidupan.

Ketika terjadi sesuatu pada hidup Anda seperti; kecelakaan mobil, masalah kesehatan, kehilangan pekerjaan, Anda akan berpikir bahwa ini adalah akhir atau awal?

Apakah masalah yang menghancurkan berarti bahwa Allah menghukum Anda atau menguji Anda? Atau mungkin masalah ini adalah kasih sayang Allah?

Jika Anda terus-menerus fokus pada apa yang tidak bisa Anda kontrol, maka semua akan terasa sulit dan membuat frustasi.

Namun, jika Anda memiliki makna baru, keyakinan bahwa semua ini dimaksudkan untuk bisa kuat, maka Anda akan menjadi lebih kuat dari sosok Anda sebelumnya.

Ambil kendali terhadap hidup Anda dan ingatlah bahwa bagaimana Anda memaknai sebuah kejadian akan berpengaruh pada emosi dan kehidupan Anda. Selalu selipkan makna yang positif, maka ‘kekayaan’ akan menjadi milik kita hari ini.

Setelah Anda membuat makna dalam pikiran Anda, itu akan menciptakan emosi, dan emosi akan mendorong Anda untuk membuat keputusan ketiga Anda:

#3. Apa yang akan Anda lakukan?

Tindakan yang Anda ambil dibentuk oleh kondisi emosional Anda. Jika Anda marah, Anda akan berperilaku cukup berbeda dibanding pada saat Anda bercanda.

Jika Anda ingin bertindak, cara tercepat adalah dengan mengubah apa yang Anda fokuskan dan menggeser makna menjadi sesuatu yang lebih memberdayakan.

Ini sangat berguna untuk menyadari perilaku Anda ketika frustrasi, marah atau sedih atau merasa kesepian. Anda tidak dapat mengubah perilaku Anda jika Anda tidak menyadarinya.

Sekarang Anda menyadari akan kekuatan tiga keputusan tersebut.. Orang yang memiliki FOKUS dan tidak pernah frustasi akan selalu bisa menghadapi tantangan hidup.

Jika Anda menyadari akan perbedaan dalam cara orang mendekati tiga keputusan ini, Anda akan memiliki jalan untuk membantu Anda membuat perubahan positif permanen di setiap bidang kehidupan.

Tulisan ini diambil dari buku Tony Robbins.

jual cepat emas antam

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)