10 Hal Yang Semestinya Jangan Anda Lakukan Agar Anda Bisa Lebih Banyak Menabung

saving_euy

Apakah rencana untuk rutin menabung menjadi salah satu resolusi Anda?

Kalau iya, berarti itu sesuatu yang bagus, karena sekarang merupakan moment yang tepat untuk kembali mencari uang, mulai menyusun rencana keuangan dan merencanakan untuk kembali menabung secara rutin setelah mungkin saldo Anda banyak berkurang karena terpakai untuk berbagai hal di awal tahun.

Ketika Anda ingin memulai rencana menabung, maka Anda perlu ketahui 10 hal yang seharusnya tidak Anda lakukan agar Anda bisa menyimpan uang Lebih banyak dari biasanya.

Apa saja 10 hal TERLARANG itu? Berikut simak baik-baik:

1. Jangan berbelanja yang tidak hemat

Jika Anda mengeluarkan banyak uang untuk hal yang kurang penting, seperti sering naik taksi, pergi ke cafe kemudian belanja sepatu dll, cobalah Anda batasi.

Setiap kali Anda melakukan belanja terlalu boros maka hal itu menyebabkan tabungan Anda tidak bertambah banyak dan mulai saat ini Anda harus menganggap belanja boros itu hal yang buruk.

2. Jangan belanja diluar harga Grosir

Tersedia berbagai aplikasi smartphone yang dapat membantu Anda menyimpan uang sambil Anda mengecek toko mingguan. Coba aplikasi belanja yang memiliki penawaran khusus.

Kemudian ambil gambar pada tanda terima item yang Anda beli dan aplikasi akan mengembalikan Anda pada penawaran lainya.

Mungkin dengan hal ini hanya hemat berapa rupiah saja, tapi setidaknya dengan melakukan hal ini Anda bisa melakukan pengehematan dengan baik.

3. Jangan membeli makan siang di kantor

Kebanyakan orang ingin simpel dan tak repot dengan membeli makan siang saat bekerja. Namun membuatnya sendiri dari rumah itu lebih baik.

Makanan siap saji terbilang mahal dibanding buatan sendiri. Dan harganya pun bisa naik dalam kurun waktu lebih dari setahun.

4. Jangan membeli kopi harian

Banyak orang merasa lemah pada ide menangani hari kerja tanpa kopi, beralihlah dari membeli kopi di cafe/warung ke kopi buatan Anda sendiri di rumah/di kantor. Karena ini bisa menghemat dengan serius pengeluaran Anda.

Membeli kopi rutin setiap hari satu memang tidak terlihat banyak, namun akan bertambah setiap tahunnya.

Cobalah belajar mengurangi kopi, jadi ketika Anda keluar rumah Anda tidak ketergantungan untuk minum kopi di kedai kopi. Dan dapat mengurangi pengeluaran Anda.

5. Jangan belanjakan gaji Anda dengan sesuka hati

Meski terlihat sulit, namun kebanyakan orang mampu menyisihkan uangnya setiap minggu. Mulai dari 50rb-100rb, jumlah tersebut akan terus bertambah sepanjang tahun dan bisa membantu untuk mengurangi secara serius pada hutang dan tagihan Anda di Akhir tahun.

Tetap simpan uang Anda pada celengan, botol atau amplop dan letakan ditempat yang terlihat pada rumah Anda, sehingga setiap kali Anda melihatnya Anda selalu menambahkan uang.

6. Jangan menggunakan ATM

Jika Anda mengambil uang di ATM setiap minggu, maka Anda akan menghabiskannya lebih dari yang butuhkan. Silahkan hitung biaya pengeluaran Anda selama seminggu, kemudian ambilah uang Anda di ATM sesuai dengan hitungan dan jangan gunakan ATM kembali untuk berbelanja.

Hal ini akan menghentikan pengeluaran yang melebihi anggaran dan tidak perlu.

7. Berhenti menghabiskan uang pada saat keluar Rumah

Keluar rumah adalah kesempatan besar untuk bersosialisi, dan membiarkan Anda menggunakan uang Anda untuk makanan, minuman, taksi dan tip dengan harga yang mahal.

Gunakan waktu dalam sebulan satu minggu saja untuk berdiam diri di rumah untuk mengumpulkan uang. Undang teman-teman Anda ke rumah untuk menonton sebuah film di DVD, dan saat itu Anda tidak akan melihat dan menggunakan uang Anda.

8. Jangan biarkan uang terpakai tanpa nota/catatan

Gunakan waktu satu minggu untuk menuliskan pengeluaran Anda setiap hari. Ini adalah cara terbaik untuk mengetahui berapa banyak Anda menghabiskan uang setiap pekannya. Jika Anda bekerja menggunakan transportasi umum secara tertur Anda akan mengeluarkan biaya lebih murah.

Dan bertanyalah pada diri Anda, “Apakah minggu ini Anda menghabiskan uang untuk hal yang tidak penting?”

9. Janganlah memilih makan malam diluar jika bisa makan di rumah

Makanan yang dibuat di rumah memang lebih murah dibandingkan membelinya dari restoran yang harganya bisa 3 kali lipat dari anggaran masak dirumah.

Cobalah membuat daftar menu mingguan dan belanja pada awal minggu agar mencegah Anda untuk memesan dari restoran.

10. Janganlah menduga duga biaya

Banyak orang yang menduga duga biaya untuk menabung, dan mereka tidak mengetahui untuk apa mereka menabung.

Apakah Anda ingin membeli rumah, mobil dan membayar uang sekolah? Fokuslah pada tujuan dan pada apa yang Anda ingin capai.

Ketika sudah mengetahui Anda menabung untuk apa, maka keluarlah untuk bekerja dan ketahui berapa banyak dan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menabung.

jual cepat emas antam

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)