10 Cara Agar Anda Tidak Mengalami Krisis Keuangan

Sad man sitting head in hands on his bed

Samuel Johnson pernah berkata, “Orang yang paling bahagia adalah seorang pria yang bisa menghabiskan uang dengan bijak dan dia juga bisa menghemat uang”. Menghabiskan uang dengan bijak dan menghemat uang, dua hal ini sama penting dan butuh kebijaksanaan dalam melakukannya.

Di satu sisi, kita perlu mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan kita dan disisi yang lain kita perlu “punya simpanan” untuk kebutuhan kita di masa depan.

Banyak dari kita terkadang harus menghadapi titik dalam hidup yakni saat Anda berada dalam kondisi keuangan yang mengerikan. Saldo tabungan yang minus, kehilangan pekerjaan atau Anda bisa kehilangan uang karena berjuang melawan penyakit.

Ada begitu banyak hal yang memungkinkan Anda mengalami situasi yang mengerikan, tapi yakinlah bahwa Anda bisa menghindarinya dengan perencanaan keuangan yang tepat.

Di bawah ini adalah 10 cara untuk membantu Anda memastikan agar Anda tidak perlu menghadapi krisis keuangan.

1. Invest pada tabungan yang mudah dicairkan

Carilah investasi tabungan yang mudah dicairkan seperti deposito atau emas batangan karena dua aset ini disamping bisa menjamin keamanan keuangan Anda juga mudah untuk dicairkan saat Anda mendadak membutuhkan uang.

Yang harus Anda pahami adalah untuk berhati-hati berinvestasi di saham atau investasi berisiko tinggi lainnya yang justru bisa membahayakan keuangan Anda. Anda mungkin perlu penasehat keuangan untuk membantu mengenai hal ini.

2. Jangan sepelekan semua catatan pendapatan dan pengeluaran Anda

Orang yang mengalami krisis keuangan bukan dikarenakan mereka tidak memperoleh uang yang banyak tetapi biasanya dikarenakan mereka tidak menyimpan uangnya (menabung) secara benar dan juga disebabkan pengeluaran uang yang tidak bijak (boros).

Permasalahan ini bisa diatasi dengan cara memperhatikan semua catatan penghasilan dan pengeluaran Anda. Rajin “melacak” uang masuk dan keluar akan membantu Anda mengetahui jika Anda terlalu boros dalam hal pengeluaran keuangan. Hal Ini akan memudahkan Anda menyesuaikan pengeluaran dengan penghasilan Anda.

3. Alokasikan anggaran bulanan Anda dan cobalah disiplin dengan aturan yang Anda buat

Disiplin menyiapkan anggaran keuangan Anda setiap bulannya dapat membantu Anda menyeimbangkan keuangan Anda. Siapkan anggaran bulanan yang terorganisir dengan jelas menetapkan anggaran untuk makan, bayar listrik, telpon, air, rekreasi dan sebagainya.

Tapi ingat, tidak ada gunanya membuat aturan keuangan jika Anda tidak bisa disiplin dalam menjalani setiap aturan yang Anda buat.

4. Jaga barang-barang Anda selalu dalam kondisi baik

Menjaga harta Anda dalam kondisi baik adalah cara lain yang efektif untuk menghindari krisis keuangan. Pastikan segala sesuatu yang Anda miliki misalnya mobil, peralatan rumah tangga, peralatan listrik dan alat elektronik selalu dalam kondisi baik dan terawat.

Karena biaya pemeliharaan rutin barang-barang tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan harga yang Anda bayar ketika barang-barang tersebut rusak. Investasi dalam jumlah kecil dengan menjaga harta benda Anda akan menuai manfaat yang lebih besar dalam jangka panjang dan membuat Anda lebih hemat dalam pengeluaran uang.

5. Pastikan Anda selalu sehat dan bugar

Sama seperti pemeliharaan rutin peralatan rumah tangga yang membantu Anda bisa lebih menghemat uang, ternyata menjaga tubuh Anda juga menjadi bagian yang sangat penting.

Karena ketika Anda mengabaikan kesehatan Anda dan masalah penyakit Anda telah menjadi parah, akan menyebabkan biaya berobat Anda yang akan lebih mahal.

Dengan berolah raga teratur, membiasakan hidup sehat ditambah pemeriksaan medis Anda secara rutin, maka Anda dapat menghindari kemungkinan besarnya pengeluaran keuangan yang disebabkan penyakit yang Anda derita.

6. Melunasi utang Anda tepat waktu

Saran yang terbaik adalah jangan pernah Anda berhutang! Tapi pada kenyataannya kadang kondisi keuangan Anda ditakdirkan tidak selamanya bisa menghindari utang.

Jika keuangan Anda mau sehat, perhatian pertama Anda adalah disiplin membayar semua hutang Anda. Rencanakan secara teratur untuk mengalokasikan sebagian dari anggaran bulanan Anda untuk melunasi utang.

7. Perlindungan terhadap kehilangan pekerjaan

Kehilangan pekerjaan adalah peristiwa besar yang akan membuat seseorang mengalami krisis keuangan, apalagi jika orang tersebut tidak pernah berpikir untuk menabung sebelumnya.

Menjaga diri terhadap potensi kehilangan pekerjaan adalah cara utama untuk menghindari krisis keuangan dan dapat dilakukan melalui program rutin menabung persiapan dana darurat atau bisa juga Anda menemukan sumber pendapatan alternatif selain pekerjaan utama Anda.

8. Menyimpan sebagian dari penghasilan Anda setiap bulan

Tabungan tidak boleh dianggap sebagai suatu kemewahan. Dan Anda harus menjadikannya sebagai suatu kebiasaan yang baik.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menyelamatkan diri Anda dari krisis keuangan kecuali Anda disiplin secara rutin menyisihkan sejumlah uang dari penghasilan Anda setiap bulan untuk ditabung.

Jika Anda tidak memiliki hutang, maka mengalokasikan dana Anda 20 % dari pendapatan bulanan Anda untuk menabung akan menjadi sesuatu yang baik untuk keuangan Anda.

Namun, jika Anda masih punya hutang, menyimpan uang setidaknya 10 % dari penghasilan Anda, karena Anda membutuhkan uang tunai di tangan untuk kejadian darurat yang terjadi di masa depan.

9. Cobalah untuk menghindari pemborosan uang

Kondisi keuangan Anda tidak selamanya baik seperti sekarang ini, maka cobalah untuk berhemat. Fokus untuk memotong pengeluaran yang tidak perlu. Lihat pengeluaran Anda dan cari tahu apa yang mungkin untuk dikurangi.

Contoh sederhana agar Anda bisa berhemat; menyalakan pendingin ruangan (AC) dan menyalakan mematikan lampu seperlunya, hal ini akan membantu Anda mengurangi tagihan listrik secara signifikan.

10. Menghabiskan uang secara bijak

Anda tidak akan pernah meraih kebebasan finansial, jika Anda tidak bijak dalam menghabiskan uang. Menghabiskan uang secara bijak adalah seni itu sendiri. Dan ada beberapa teknik untuk menghabiskan uang, salah satunya adalah dengan menjauhkan diri dari membeli hal-hal yang tidak Anda perlukan.

Cara yang lainnya adalah dengan cara mengalokasikan uang yang Anda miliki dengan rutin menabung dan investasi.

place your ads here

Add Comment

GRATIS!

Update Seputar Emas, Bisnis, Investasi dan Tips Financial + BONUS: Investasi Emas Bagi Orang Awam (free ebook)